Konflik Buruh di Morowali, 3 Orang Tewas, 2 Buruh Lokal, dan Satu Asing

Minggu, 15 Januari 2023 | 19:44 WIB Sumber: Kompas TV,Kompas.com
Konflik Buruh di Morowali, 3 Orang Tewas, 2 Buruh Lokal, dan Satu Asing

ILUSTRASI. Area smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.


KETENAGAKERJAAN -  JAKARTA. Terjadi bentrokan berdarah antara dua kelompok karyawan di perusahaan PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Bentrokan antara dua kelompok karyawan di perusahaan smelter nikel PT. Gunbuster Nickel Industry terjadi pada Sabtu (14/1/2023) malam sekitar pukul 21.00 WITA. 

Bentrokan di PT. Gunbuster Nickel Industry tersebut diwarnai aksi pembakaran aset perusahaan seperti kendaraan alat berat. 

Bentrokan yang terjadi di area smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, pada Sabtu (15/1/2023) mengakibatkan dua pekerja lokal dan satu tenaga kerja asing (TKA) meninggal dunia.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Kombes Pol Didik Supranoto membenarkan adanya korban jiwa tersebut.

“Korban luka-luka belum ada laporan. Kemudian yang meninggal seperti yang dirilis tadi, ada tiga,” jelasnya saat dihubungi Kompas.TV melalui telepon seluler, Minggu (15/1/2023) siang.

Saat ini Polisi sudah menangkap sedikitnya 69 orang setelah bentrokan terjadi. Mereka diduga memprovokasi dan terlibat dalam perusakan di dalam area perusahaan. 

“Pasca-kericuhan sebanyak 69 orang kami amankan dan untuk perkembangan terakhir situasi di lokasi bentrokan sudah kondusif," kata Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Polisi Didik Supranoto dalam konferensi pers di Mapolda Sulawesi Tengah, Minggu (15/1/2023) seperti dikutip kompas.com

Sebanyak 69 orang tersebut saat ini telah diamankan di Mapolres Morowali Utara. 

Didik menjelaskan kronologi bentrok terjadi saat ada sejumlah pekerja lokal  PT. Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) yang melakukan mogok kerja. 

Polda Sulteng kini telah menerjunkan personel gabungan untuk mengantisipasi terjadinya bentrok susulan. 

"Untuk mengantisipasi agar kericuhan tidak berlanjut, perbantuan dan penebalan pasukan Polri dari Brimob dan Polres Mrowwali Utara sudah disiagakan di lokasi," ungkap Didik. 

Dia mengaku situasi di lokasi bentrokan mulai terkendali. "Perkembangan terakhir, kondisi sudah mulai kondusif, aparat keamanan juga ditambah di wilayah perusahaan, negosiasi dengan pekerja yang melakukan aksi mogok juga masih dilakukan," tambah dia. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bentrok Kelompok Karyawan PT. GNI di Morowali Utara, Polisi Tangkap 69 Orang Diduga Provokator ", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2023/01/15/113045078/bentrok-kelompok-karyawan-pt-gni-di-morowali-utara-polisi-tangkap-69-orang.

Penulis : Kontributor Poso, Mansur
Editor : Pythag Kurniati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru