Kota Dumai tetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan

Selasa, 19 Februari 2019 | 06:13 WIB Sumber: Kompas.com
Kota Dumai tetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan


SIAGA BENCANA - PEKANBARU. Akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terus terjadi, Kota Dumai, Provinsi Riau, sudah menetapkan status siaga darurat karhutla. Lokasi karhutla berada di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Komandan Regu (Danru) II Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, Aditya mengatakan, status siaga darurat karhutla sudah ditetapkan pada Kamis (14/2) lalu. "Jadi penanganan karhutla dilakukan oleh tim satgas (satuan tugas) terdiri dari BPBD, Kodim 0320, Polres dan Manggala Agni serta MPA (masyarakat peduli api)," ungkap Aditya, Senin (18/2).

Dia menyebut, upaya pemadaman karhutla di Kelurahan Bangsal Aceh sudah dilakukan lebih kurang sebulan. Luas lahan gambut yang terbakar sekitar 18 hektare.

"Sudah hampir sebulan juga kami di sini. Upaya pemadaman kami lakukan hampir setiap hari star jam setengah 8 pagi," sebut Aditya. Menurut dia, sebagian besar api sudah berhasil dipadamkan.

Kemudian lokasi kebakaran juga sempat diguyur hujan dengan intensitas sedang pada Minggu (17/2). "Saat ini masih ada sisa-sisa api di dalam gambut yang kami padamkan," kata Aditya.

Dia menyebutkan, lahan yang terbakar merupakan perkebunan sawit dan semak belukar. Di dalam lahan ini seluruhnya terdapat tanah gambut yang mudah terbakar. "Selain di Kelurahan Bangsal Aceh, ada beberapa titik api (karhutla) di Kelurahan Lubuk Gaung. Tapi semalam api sudah padam diguyur hujan," sebutnya.

Sebelumnya, tambah Aditya, pemadaman karhutla juga sudah dilakukan di Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai. Saat ini masih tinggal beberapa titik sisa api. (Idon Tanjung)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kota Dumai Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru