Kucing emas langka ditemukan, ukurannya sebesar anjing dewasa

Kamis, 18 Juni 2020 | 13:39 WIB Sumber: Kompas.com
Kucing emas langka ditemukan, ukurannya sebesar anjing dewasa

ILUSTRASI. Ilustrasi kucing emas.


HEWAN - PADANG. Hewan langka berupa seekor kucing emas (Catopuma temminckii) terjerat di perkebunan milik warga di Nagari atau Desa Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Hewan yang juga dinamai golden cat atau fire cat itu tersangkut perangkap babi dan mengalami luka di kaki kiri bagian depan. 

"Kucing langka itu terjerat perangkap babi milik warga, Selasa kemarin. Sekarang sudah dievakuasi," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Bukitinggi Vera Chiko yang dihubungi Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Baca Juga: Mengenal Hantavirus yang mematikan, muncul saat wabah virus corona

Chiko mengatakan, penemuan satwa yang dilindungi itu berawal dari informasi dari warga yang menemukannya saat terperangkap di salah satu ladang. Kemudian, pihak BKSDA Bukittinggi langsung turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi. "Lokasi terperangkapnya kucing itu cukup jauh dari permukiman warga. Sekarang sedang kita obati di klinik satwa Kebun Binatang Bukittinggi," jelas Chiko.

Baca Juga: Biaya wisata terlalu murah, Pulau Komodo masuk destinasi No List 2020 dari media AS

Chiko menuturkan, kucing itu berumur remaja sekitar 4 tahun dengan jenis kelamin jantan dan ukuran sebesar anjing dewasa. Menurut Chiko, jerat itu terpasang sejak dua hari lalu untuk menjebak babi hutan. Saat warga mengecek hasil jeratan, bukan babi yang terjerat, melainkan kucing emas, yang masih satu keluarga dengan harimau.  

Baca Juga: Kabar gembira, Red Panda di Taman Safari Indonesia melahirkan

"Info dari warga, perangkap itu sudah dipasang dua hari yang lewat. Warga juga menyebutkan kucing emas sering ditemui di kawasan itu," jelas Chiko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kucing Emas Langka Terjerat Perangkap Babi, Ukurannya Sebesar Anjing Dewasa"
Penulis : Kontributor Padang, Perdana Putra
Editor : Aprillia Ika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru