Kudus bakal gelar car free night

Senin, 19 September 2016 | 16:45 WIB Sumber: Antara
Kudus bakal gelar car free night


KUDUS. Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memiliki wacana menggelar malam tanpa kendaraan (car free night) di Alun-alun Kudus. Ini untuk memberikan kesempatan masyarakat menikmati malam hari tanpa polusi asap knalpot di kawasan perkotaan.

"Rencananya, 'car free night' dilaksanakan setiap hari Sabtu malam. Sedangkan uji cobanya masih menunggu hasil rapat dengan berbagai pihak," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus, Didik Sugiharto di Kudus, Senin (19/9).

Menurut dia, "car free night" hampir seperti "car free day", namun untuk beberapa ruas jalan akan dijadikan tempat parkir. Di antaranya, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan A. Yani, Jalan Ramelan, dan Jalan Sunan Kudus.

Alasan menyelenggarakan "car free night", kata Didik, karena melihat antusiasme warga yang tinggi mendatangi kawasan Alun-alun Kudus setiap kali  "car free day" atau sehari tanpa asap knalpot berlangsung.

Keberadaan "car free day" juga turut mendorong tumbuhnya pelaku usaha kecil karena mendapat kesempatan berjualan di area "car free day" di kawasan Alun-alun Kudus.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishubkominfo Kabupaten Kudus, Putut Sri Kuncoro menambahkan, dalam waktu dekat akan dilakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya Satlantas Polres Kudus. "Tentunya, diperlukan adanya rekayasa arus lalu lintas karena adanya penutupan akses jalan menuju Alun-alun Kudus," ujar Putut.

(Akhmad Nazaruddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru