Kurang kapasitas, Bandara Kupang akan direnovasi

Rabu, 06 September 2017 | 09:51 WIB Sumber: Kompas.com
Kurang kapasitas, Bandara Kupang akan direnovasi


INFRASTRUKTUR DAERAH - Bandar Udara (Bandara) Internasional El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah mempersiapkan untuk menambah sejumlah infrastruktur pendukung di dalamnya.

General Manager Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Wahyudi mengatakan, pihaknya akan menambah garbarata dan melakukan perluasan area bandara.

"Kami sudah mulai lakukan pengembangan bandara menjadi dua lantai dan penambahan dua garbarata," kata Wahyudi kepada sejumlah wartawan di Kupang, Selasa (5/9).

Nantinya, bagian bawah untuk chek in area dan bagian atas untuk boarding.

Selain itu, bandar udara terbesar di NTT itu akan diperluas dua kali lipat dari 7.400 meter persegi menjadi 15.900 meter persegi.

Menurut Wahyudi, proses pengerjaanya seharusnya sudah dikerjakan mulai Bulan September atau Oktober 2016 lalu, tapi karena detail desainnya belum jadi dan terdapat beberapa perubahan sehingga dipastikan mulai dikerjakan Bulan November 2017 mendatang.

Wahyudi mengatakan, alasan perluasan bandara dan penambahan infrastruktur lainnya karena kondisi bandara mengalami kelebihan kapasitas.

Jumlah penumpang sebanyak 1,9 juta per tahun. Sedangkan bandara saat ini kondisinya hanya bisa menampung 1,3 orang penumpang per tahun. Artinya, sudah overload sekitar 600.000 penumpang. (Sigiranus Marutho Bere)

 

Berita ini telah dimuat di Kompas.com dengan judul: AP I akan Tambah Sejumlah Fasilitas di Bandara El Tari Kupang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru