Lalu Lintas Jalan Tol di Wilayah Jabotabek dan Jawa Barat Meningkat pada Hari Natal

Selasa, 26 Desember 2023 | 18:37 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Lalu Lintas Jalan Tol di Wilayah Jabotabek dan Jawa Barat Meningkat pada Hari Natal

ILUSTRASI. Natal tahun 2023, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatat pantauan peningkatan lalu lintas di sekitar Tol Jabotabek dan Jawa Barat. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.


JALAN TOL - JAKARTA. Pada hari Natal tahun 2023, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatat pantauan peningkatan lalu lintas di sekitar Tol Jabotabek dan Jawa Barat. 

A. Lalu Lintas Jabotabek

Total sebanyak 107.904 kendaraan atau meningkat 12,33% dibanding volume lalu lintas transaksi normal yaitu 96.056 kendaraan transaksi yang menuju Jabotabek atau arus balik kendaraan yang berasal dari jalan tol ruas Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ. Adapun lalu lintas terdistribusi melalui dua Gerbang Tol (GT) dengan rincian sebagai berikut: 

1. GT Cikunir 4 dan GT Cikunir 6 Jalan Tol JORR Seksi E

Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Cikunir 4 & 6 sebanyak 33,82% atau terealisasi 44.870 kendaraan dibanding dari lalu lintas normal sebanyak 33.530 kendaraan. 

2. GT Halim Jalan Tol Cawang-Tomang-Pluit

Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Halim sebesar 0.81% atau terealisasi 63.034 kendaraan dari volume lalu lintas transaksi normal sebanyak 62.526 kendaraan. 

Baca Juga: Mudik Natal, 3 Ruas Tol Milik Astra Infra Dilewati Lebih dari 2,4 Juta Kendaraan

B..Lalu Lintas Jawa Barat

Sementara itu di wilayah Jawa Barat, total sebanyak 67.550 kendaraan atau meningkat 16,01% dibanding volume lalu lintas transaksi normal yaitu 58.229 kendaraan transaksi yang meninggalkan Kota Bandung dan sekitarnya atau sudah mulai arus balik kendaraan yang melalui jalan tol ruas Padaleunyi. Adapun lalu lintas terdistribusi melalui dua Gerbang Tol (GT) dengan rincian sebagai berikut: 

1. GT Cileunyi Jalan Tol Padaleunyi

Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat pula sebanyak 34.416 kendaraan menuju Bandung meninggalkan wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui GT Cileunyi. Volume lalu lintas transaksi di GT tersebut meningkat 17,13% dari lalin normal yaitu sebanyak 29.383 kendaraan. 

Sedangkan volume lalu lintas transaksi dari arah sebaliknya atau yang meninggalkan Bandung melalui GT Cileunyi tercatat 26.779 kendaraan atau turun 8,25% dibanding lalu lintas normal sebanyak 29.186 kendaraan. 

2. GT Pasteur Jalan Tol Padaleunyi

Sementara itu, volume lalu lintas transaksi GT Pasteur (masuk) meninggalkan Kota Bandung tercatat 33.134 atau meningkat 14.87% dari lalin normal sebanyak 28.846 dan volume lalu lintas transaksi yang menuju Kota Bandung melalui GT Pasteur tercatat 31.808 kendaraan atau turun 5,85% dibanding lalu lintas normal sebanyak 33.783 kendaraan.

Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan. 

Baca Juga: Jasa Marga Catat Lebih dari 197 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek pada Hari Natal

Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan 1 e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II, 1 e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar. 

Lakukan pembaharuan informasi rekayasa lalu lintas seperti _one way_ atau _contra flow_ di jalan tol dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, aplikasi Travoy, Website www.jasamarga.com atau one call center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru