Lava pijar keluar dari Gunung Merapi pada Minggu malam

Senin, 17 Desember 2018 | 06:13 WIB Sumber: Kompas.com
Lava pijar keluar dari Gunung Merapi pada Minggu malam

ILUSTRASI.


ERUPSI GUNUNG - YOGYAKARTA. Guguran dan luncuran lava pijar kembali terlihat di puncak Gunung Merapi (2.930 mdpl), Minggu (16/12) malam. Guguran dan luncuran lava pijar itu terpantau terjadi pukul 19.08 WIB. Luncuran mengarah ke tenggara, dan dapat terlihat jelas dari Dusun Balerante, Kemalang, Klaten.

“Betul, tadi terpantau pukul 19.08,” kata Agus Sarnyata, dari Posko 907, Minggu.

Di pekarangan rumah tokoh yang akrab dipanggil Agus Balerante itu terpasang tower telekomunikasi dan CCTV BPBD Jateng. Dari rekaman CCTV malam ini, guguran itu berlangsung lumayan lama, memperlihatkan lelehan lava pijar menyusuri bukaan kawah ke lereng selatan.

Dilihat dari jalurnya, diduga lava masuk hulu Kali Gendol. Jarak kemungkinan di atas 300 meter, lebih jauh dari luncuran lava pijar pertama beberapa pada 22 November 2018. Kawasan Merapi, sejak Minggu siang hingga malam, terlihat cerah setelah Sabtu (15/12) malam hingga Minggu pagi diselimuti kabut tebal.

Puncak Merapi dapat terlihat dari segala arah. Baca juga: Dibanding Volume Kawah, Pertumbuhan Kubah Lava Merapi Masih Kecil Jainu, tokoh dan warga Balerante menambahkan, situasi di lapangan masih tetap normal. Tidak ada kepanikan terkait fenomena guguran lava ini. “Namun, warga senantiasa waspada,” kata Jainu, ketika dihubungi.

 Berita ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: "Merapi Malam Ini Luncurkan Lava Pijar ke Lereng Selatan". (Tribunjogja.com/xna)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru