HOME

Layak jadi produk unggulan, Sandiaga Uno puji batik batam

Minggu, 24 Januari 2021 | 07:29 WIB Sumber: Kompas.com
Layak jadi produk unggulan, Sandiaga Uno puji batik batam

ILUSTRASI. Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memberikan hormat usai bertemu dengan Menpora Zainudin Amali terkait kerjasama pengembangan 'sport tourism' di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

KONTAN.CO.ID -  BATAM. Batik buatan Batam patut menjadi produk unggulan daerah dan layak untuk diekspor. Batiknya nyaman dipakai. Perlu dikemas secara menarik.

“Batik Batam sangat nyaman dipakai dan sangat layak dikemas sebagai batik unggulan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno saat mengunjungi Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (23/1/2021).

Mengenakan batik asli Batam dengan motif sirih junjung warna biru muda, Sandiaga yakin produk yang dihasilkan pengrajin lokal bisa masuk pasar ekspor. 

“Kemenparekraf akan mendukung penuh pengembangan Batik Batam ini,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Kepada Sandiaga Uno, Menteri Basuki pastikan 5 Bali baru tuntas pertengahan 2021

Ia mengapresiasi peran dan komitmen Dekranasda Batam yang selama ini mengakomodir serta melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kemenparekraf tengah menyiapkan program beli kreatif lokal. Mudah-mudahan program ini juga bisa menjadi tempat untuk pengembangan Batik Batam,” tutur Sandiaga.

Ketua Dekranasda Batam Marlin Agustina Rudi mengatakan, saat ini ada 20 pengrajin batik di Kota Batam. Ada 16 karya yang sudah memiliki hak intelektual. Selain batik, lanjut Marlin, Dekranasda Batam juga membina pengrajin tenun, songket, dan lainnya.

“Salah satu lokasinya ada di Pulau Ngenang, Nongsa,” ujar Marlin.

Baca Juga: Paling baru! Aturan dan syarat perjalanan pasca PPKM Jawa-Bali diperpanjang

Di pulau itu masyarakat juga diajari untuk membangun home stay agar para wisatawan yang datang bisa menginap di sana demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kami harap Kemenparekraf bisa terus mendukung kami. Karena salah satu kendala kami adalah keterbatasan pendanaan dan promosi,” ucap Marlin. (Kontributor Batam, Hadi Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sandiaga Uno: Batik Batam Layak Jadi Produk Unggulan"

Selanjutnya: Sandiaga Uno: Kredit pemulihan Rp 3 triliun bakal digulirkan kepada pelaku pariwisata

 

 

Editor: Noverius Laoli


Terbaru