Lebaran, permintaan wisata Jateng naik 30%

Jumat, 30 Juni 2017 | 17:41 WIB Sumber: Antara
Lebaran, permintaan wisata Jateng naik 30%


SEMARANG. Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jawa Tengah menyatakan, permintaan perjalanan wisata pada libur Lebaran meningkat sebesar 30% dibandingkan hari normal.

"Kalau pada hari-hari biasa kami banyak melayani permintaan dari grup besar, saat ini kebanyakan berasal dari kelompok-kelompok kecil," kata Ketua ASPPI Jawa Tengah Pranoto Hadi Prayitno di Semarang, Jumat (30/6).

Dia mengatakan, untuk kelompok kecil ini berasal dari keluarga dengan jumlah di kisaran 2-4 peserta. Untuk destinasi wisata ke luar kota, dikatakannya, Bali masih menjadi tujuan favorit masyarakat.

Sedangkan untuk di dalam provinsi, beberapa destinasi wisata yang banyak dikunjungi antara lain Dieng, Borobudur, Baturaden, dan Karimunjawa. Bahkan untuk ke Karimunjawa ini ada penambahan jadwal pemberangkatan kapal yang dilakukan oleh pihak pengelola kapal.

"Seperti contohnya pada hari Kamis kemarin seharusnya tidak ada pemberangkatan kapal cepat dari Jepara tetapi akhirnya ada karena permintaan juga banyak," katanya.

Selain itu, untuk pemberangkatan dari Semarang yaitu dengan menggunakan Kapal Motor Kartini juga dipenuhi oleh penumpang.

Ia mengatakan untuk KM Kartini sendiri mulai beroperasi sejak bulan Mei 2017. Keberadaan KM Kartini menambah jumlah kapal yang melayani penyeberangan Semarang-Jepara.

"Kalau biasanya kan hanya Kapal Pelni. Untuk kapasitas KM Kartini ini mencapai 160 penumpang, kemarin pada hari Kamis jumlah penumpangnya ada sekitar 150 orang," katanya.

Sementara itu, untuk destinasi wisata yang ada di Kota Semarang juga banyak diminati oleh wisatawan. Ia mengatakan beberapa destinasi wisata menarik di antaranya Sam Po Kong, Goa Kreo, Pantai Maron, MAJT, dan Lawang Sewu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru