Lebaran Tahun Ini, Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh

Kamis, 09 Februari 2023 | 05:10 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Lebaran Tahun Ini, Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh


JALAN TOL - JAKARTA. Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat, diharapkan dapat beroperasi penuh pada waktu Idul Fitri (lebaran) tahun 2023.

"Cisumdawu kita harapkan lebaran nanti full operasi," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian di Kantor Kementerian PUPR, Rabu (8/2).

Hedy mengatakan, pada tahap awal fungsional belum dikenakan tarif. Setelah dibuka fungsional, Kementerian PUPR akan melakukan evaluasi sekitar dua minggu sampai satu bulan. Baru setelah itu, akan ada penetapan tarif.

Baca Juga: Konstruksi Proyek Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Mulai Tahun Ini

Seperti diketahui, penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 kilometer (km) sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban.

Serta pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat, mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayu Majakuning) Jawa Barat.

Sebelumnya, salah satu tantangan dalam pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 2 hingga 5 adalah penanganan lereng dengan kerawanan longsor tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut telah dilakukan beberapa penanganan antara lain dengan dilakukan penggalian tanah atau regrading, penguatan lereng, sumuran dengan sistem pompa, serta penambahan lahan agar lereng menjadi lebih landai.

Baca Juga: Kementerian PUPR akan Tender Ulang Proyek Jalan Tol Getaci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru