Lewat Job Fair 2024, Kementan Fasilitasi Pencari Kerja Bangun Karier Agribisnis

Selasa, 08 Oktober 2024 | 23:53 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Lewat Job Fair 2024, Kementan Fasilitasi Pencari Kerja Bangun Karier Agribisnis

Agricultural Job Fair bertujuan meningkatkan minat masyarakat terhadap karier di bidang pertanian, menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan dan menciptakan tenaga kerja yang kompeten.


PERTANIAN -  JAKARTA. Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru, sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan, menggelar Bursa Kerja Pertanian (Agriculture Job Fair) pada 7-8 Oktober 2024. 

Kegiatan ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian  Andi Amran Sulaiman, untuk membantu alumni pendidikan vokasi memasuki dunia usaha dan industri.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti, menambahkan bahwa Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) bertujuan menciptakan petani milenial yang memanfaatkan sumber daya alam.

Baca Juga: Profesi Petani Semakin Tidak Diminati Kaum Muda

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, mengungkapkan bahwa Job Fair ini melibatkan Dinas Tenaga Kerja Pemkot Banjarbaru dan perusahaan mitra dari sektor industri, dengan informasi lowongan kerja, wawancara, dan rekrutmen alumni serta masyarakat umum.

Sebanyak delapan perusahaan berpartisipasi, menawarkan lebih dari 20 lowongan pekerjaan di bidang pertanian, dengan target penyerapan lebih dari 30 tenaga kerja. 

Budi Santoso berharap kegiatan ini dapat mempromosikan lulusan SMK-PP ke perusahaan pertanian, memperkuat kolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia usaha.

Selain itu, Job Fair ini bertujuan meningkatkan minat masyarakat terhadap karier di sektor pertanian, memberikan informasi lowongan yang jelas, dan menciptakan tenaga kerja yang kompeten untuk mendukung pertumbuhan industri pertanian berkelanjutan. 

Baca Juga: Bendungan PSN Garapan Indra Karya Jadi Sarana Pengelolaan Air&Pereduksi Banjir di NTT

"Kami mengajak generasi muda berpartisipasi dalam ketahanan pangan," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (8/10).

Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan, Produktivitas, dan Penempatan Tenaga Kerja, Indah Fajarwati, mengingatkan bahwa sektor pertanian menjadi penyumbang lapangan kerja yang signifikan di Kalsel, yang diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran.

Ketua Pelaksana Job Fair, Agus Suprandiyo, melaporkan bahwa pembukaan acara dihadiri perwakilan dari Kementan, pimpinan SKPD, dan mitra swasta, serta peserta dari berbagai daerah. Perusahaan yang berpartisipasi mencakup PT BKB, PT Citra Lodok Lestari, PT GPE, dan lainnya.

Baca Juga: Subsidi Bunga KUR Akan Disunat, Cek Cara & Syarat Pengajuan KUR BRI 2024

Kegiatan ini juga menampilkan produk-produk pertanian dari peserta, termasuk Dharma Wanita, alumni PWMP SMK-PPN Banjarbaru, produk inkubator bisnis, dan Teaching Factory SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Selanjutnya: Investor Asing Masih Banyak Menjual Saham-Saham Ini Saat IHSG Berbalik Menguat

Menarik Dibaca: Cara Scan Dokumen Menggunakan iPhone Tanpa Alat dan Aplikasi Tambahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru