Libur Nataru, Ini Sejumlah Jalur Alternatif di Yogyakarta

Senin, 26 Desember 2022 | 07:21 WIB Sumber: Kompas.com
Libur Nataru, Ini Sejumlah Jalur Alternatif di Yogyakarta

ILUSTRASI. Sejumlah wisatawan mengunjungi kawasan Jalan Malioboro di Yogyakarta


MUDIK NATARU - YOGYAKARTA. Libur panjang Natal dan Tahun Baru diprediksi sejumlah kota besar akan padat wisatawan. Salah satunya adalah Yogyakarta. Kota sejarah dan kebudayaan itu, kemungkinan tetap dijadikan sebagai tempat liburan favorit.  

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk mengurai kemacetan. Hal itu seperti disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Yogyakarta Ni Made Dwi Panti Indrayanti, Jumat (23/12/2022).  

"Ada 4 rute alternatif menuju tempat-tempat wisata ke Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul, dan ke arah Kota Yogyakarta. Titik-titik kemacetan sudah kita petakan, jadi ada zona merah, kuning, dan hijau," ucap Made, Jumat (23/12/2022).  

Baca Juga: Libur Akhir Tahun, Ini 5 Cara Mudah Cek Tarif Tol di Indonesia

1. Kendaraan yang akan menuju Kulon Progo bisa melalui jalur alternatif di ruas Tegalsari Siluwuk, ruas Sentolo-Dekso-Klangon, Ruas Temon-Troya-Brosot, Ruas JJLS Jalan Nasional-Congot-Brosot, dan Jembatan Timbang Kuaru.  

2. Sementara itu, untuk kendaraan yang menuju Gunungkidul dapat melalui jalur ruas Dlingo-Dodogan-Playen, Wonosari-Karangmojo-Semin, Sambipitu-Sambirejo, dan JJLS Panggang-Rongkop.

3. Nantinya, wisatawan atau warga lokal yang akan menuju Sleman bisa melalui ruas Tempel-Pakem-Cangkringan-Kalasan, tidak harus melalui jalur utama di Jalan Magelang. Lalu rute kedua, bisa melewati ruas Klangon-Godean-Tempel, ruas Melati-Balangan-Dekso, ruas Denggung-Beksi, ruas Kuroulon-Johonalang, Ruas Prambanan-Piyungan, Klangon-Sedayu-Minggir-Tempel.

4. Kemudian, untuk jalur alternatif menuju ke Bantul bisa menggunakan jalur Sampaan-Singosaren-Barongan-Palbapang, ruas Brosot-Srandakan-Bantul, ruas Sedayu-Pandak-Imogiri-Mangunan-Dlingo-Siluk-Panggang. Tak hanya itu, Made juga mengingatkan, ada ruas-ruas jalan di Bantul dan Gunungkidul yang rawan terjadi longsor. Lihat Foto Longsoran di jalan ke pantai Siung, Gunungkidul(Dok Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah operasi I)

Baca Juga: Hingga H-1, Kemenhub Catat 3,9 Juta Lebih Penumpang Bepergian dengan Angkutan Umum

"Untuk jalur rawan longsor ada di beberapa lokasi seperti di Piyungan, Jogja-Wonosari-Patuk, Pracimantoro-Rongkop, Dekso, Muntilan, Samigaluh, Temon, Panggang. Kita siagakan petugas, nanti koordinasi dengan kepolisian, termasuk BMKG dan BPBD. Kan cuaca juga cukup esktrem akhir 2022 ini. Alhamdulillah jalur Piyungan yang longsor kemarin sudah bisa dibuka selama libur Nataru," tutur Made.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Liburan Panjang Nataru, Ini Jalur-jalur Alternatif di Yogyakarta "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru