Lihat gerhana matahari dapat kacamata gratis, mau?

Senin, 07 Maret 2016 | 13:56 WIB Sumber: Kompas.com
Lihat gerhana matahari dapat kacamata gratis, mau?


Jakarta. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan memeriahkan fenomena Gerhana Matahari total (GMT) yang terjadi pada Rabu (9/3/2016). 

Planetarium dan Observatorium akan membagi-bagikan kacamata khusus Gerhana Matahari kepada pengunjung. "Kita sudah siapkan sekitar 4.700 kacamata khusus bagi para pengunjung Planetarium untuk melihata gerhana matahari parsial di Jakarta," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Planetarium dan Observatorium Eko Wahyu Wibowo, Senin (7/3/2016).

Kacamata gerhana ini akan dibagikan kepada para pengunjung Planetarium sesaat sebelum gerhana matahari, Rabu, pukul 05.00 WIB. Nantinya, pengunjung akan disediakan tempat di sekitar Planetarium untuk menyaksikan gerhana matahari tersebut. 

"Tempat kumpulnya itu ada di halaman parkir depan Planetarium. Nanti masyarakat bisa menyaksikan di sana," kata Eko.

Selain kacamata khusus, Planetarium membagikan 600 suvenir bagi para pengunjung. Suvenirnya antara lain berupa kalender astronomi dan buku astronomi.

Adapun Gerhana Matahari yang terlihat di Jakarta bukan Gerhana Matahari total, melainkan gerhana sebagian. Ketertutupan matahari di Jakarta mencapai 88,74%. Artinya, warga Jakarta masih bisa menikmati fenomena langka tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru