Long weekend, Polisi: Kalau tidak mau bersabar, jangan ke Puncak

Kamis, 20 Agustus 2020 | 10:13 WIB Sumber: Kompas.com
Long weekend, Polisi: Kalau tidak mau bersabar, jangan ke Puncak

ILUSTRASI. Kendaraan terjebak kemacetan menuju jalur wisata Puncak di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Warta Kota/Alex Suban


LIBUR PANJANG - JAKARTA. Kawasan wisata Puncak kerap menjadi pilihan berlibur saat long weekend. Polres Bogor meramal, puncak arus wisatawan yang berlibur ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada libur panjang Tahun Baru Islam 1442 H berlangsung mulai Kamis (20/8/2020). 

Dalam upaya mengurai lalu lintas, sebanyak 360 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan BPBD Kabupaten Bogor akan diterjunkan di 10 titik yang rawan kepadatan. 

"Ada 10 titik, yakni Simpang Gadog, Pasir Muncang, Pasir Angin, Megamendung, Cisarua, Jatiwangi, Taman Safari Indonesia , Ciburial, Gunung Mas, dan Masjid Attawun," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda dalam keterangan resminya, Rabu (19/8/2020).

Baca Juga: Asyik, 21 Agustus libur, cuti bersama

Adapun titik kepadatan jalur Puncak diperkirakan bakal terjadi pada Sabtu (22/8/2020). Hal ini karena adanya pertemuan antara arus kendaraan yang mengarah ke Puncak dengan yang balik ke DKI Jakarta. 

“Hari Sabtu titik kepadatan jalur Puncak karena pertemuan antara arus wisatawan yang mengarah ke Puncak dengan arus balik ke Jakarta,” terang Fitra.

Baca Juga: Jadwal tanggal merah Agustus 2020: Tahun Baru Islam 20 Agustus dan Cuti Bersama

Ia mengimbau kepada warga yang akan menghabiskan masa libur panjang pada pekan ini (20-23 Agustus 2020) di Puncak untuk tertib berlalu lintas dan tidak mengambil jalur lawan arah, terutama pemotor. "Kami minta pengendara yang mengalami pemendingan oneway bersabar dan tidak melambung karena bisa menghambat arus. Kalau tidak mau bersabar, urungkan niat ke Puncak,” katanya. 
"Tak lupa untuk selalu perhatikan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata," ujar Fitra lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Libur Panjang, Jalur Puncak Diprediksi Penuh sejak Kamis"
Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Azwar Ferdian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru