Luar Batang akan dijadikan kawasan wisata rohani

Selasa, 26 April 2016 | 20:42 WIB Sumber: TribunNews.com
Luar Batang akan dijadikan kawasan wisata rohani


JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menjadikan kawasan Luar Batang sebagai ikon wisata rohani. Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Oswar Muadzin Mungkasa menyatakan, Pemprov DKI akan membangun plaza di depan Masjid Luar Batang. Tujuannya memperbaiki akses masuk ke masjid bagi para pengunjung agar lebih bagus dan nyaman.

Upaya ini dilakukan menyusul rencana Pemprov DKI yang ingin menjadikan Masjid Luar Batang dan sekitarnya sebagai ikon wisata rohani di Jakarta. "Di bagian depan nanti ada plaza, tapi bukan mal ya, nanti ada lahan parkir. Pemprov menyediakan (dana) untuk bangun itu. Kan Luar Batang mau jadi ikon wisata rohani di Jakarta," kata Oswar di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (26/4).

Pemprov DKI akan membangun akses jalan dari masjid Luar Batang yang terhubung dengan Kota Tua. Pembangunan jalan guna memanjakan pejalan kaki yang ingin berkunjung atau hanya sekedar berjalan-jalan. "Masjid Luar Batang akan disambungin ke kawasan Kota Tua dan orang bisa jalan kaki dari Kota Tua ke sana," imbuh dia.

Sedangkan, untuk kali dan saluran air di sekitar kawasan Luar Batang juga akan dikeruk lebih dalam agar lebih banyak menampung debit air. "Saluran diperbaiki, diperdalam, dan kemudian pasar dibenarkan," jelas Oswar.

Pemprov DKI akan membangun rumah susun sebagai kompensasi ganti rugi warga yang terdampak penertiban. Lokasi Rusun tak jauh dari kawasan Luar Batang. "Kami juga akan bangun rusun. Di daerah Luar Batang juga, kami lagi cari lokasi yang tepat di dekat situ," imbuh Oswar. (Dennis Destryawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru