Luhut: Gelaran WSBK dorong pemulihan ekonomi NTB

Minggu, 21 November 2021 | 15:08 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Luhut: Gelaran WSBK dorong pemulihan ekonomi NTB

ILUSTRASI. WSBK. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan optimis terpilihnya Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah World Superbike dapat memulihkan perekonomian di NTB, terutama ekonomi kreatif di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. 

Menko Marves berserta rombongan memanfaatkan kesempatan untuk berkeliling di arena bazaar produk UMKM lokal NTB dan mengunjungi satu-persatu booth yang ada di area Sirkuit Mandalika tempat berlangsungnya seri terakhir balap motor internasional WSBK, Minggu (20/11). 

Menurut Menko Marves, terpilihnya NTB dengan sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah WSBK merupakan  peluang emas bagi pengembangan, peningkatan kualitas dan kegiatan promosi produk-produk UMKM masyarakat NTB di pasar nasional bahkan dunia. Luhut juga sangat mengapresiasi dengan hadirnya booth yang menjual produk UMKM mulai dari kain adat, perhiasan hingga makanan khas. 

“Apalagi ini merupakan event internasional dimana penontonnya juga datang dari berbagai negara dan belanja  produk UMKM yang dijual di sini. Tentu saja ini bisa menjadi momentum untuk memperkenalkan produk UMKM lokal ke mancanegara lewat penonton yang datang dari berbagai dunia," kata Luhut dalam keterangannya, Minggu (21/11).
Baca Juga: Sah! Upah minimum Provinsi Jawa Barat tahun 2022 naik 1,72%

Pada kesempatan yang sama, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal menyampaikan update terkini tentang pengamanan WSBK khususnya kawasan memasuki sirkuit Mandalika.  

Petugas kepolisian  dibantu Dinas Perhubungan Provinsi NTB masih terus  melakukan penyekatan kendaraan yang keluar bandara menuju ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau yang datang dari arah Kota Mataram. Hal ini dilakukan untuk menjaring siapa saja yang bisa memasuki arena sirkuit agar pelaksanaan WSBK aman terkendali.

Hanya kendaraan-kendaraan yang berstiker khusus atau sudah memiliki tiket menonton saja yang diperkenankan  melintasi bypass KEK Mandalika. Selain itu juga, untuk para penonton dapat memanfaatkan bis gratis yang telah disiapkan Pemda NTB.

Kapolda NTB juga terus mengingatkan agar seluruh pengunjung sirkuit Mandalika selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, ini semua demi kelancaran acara serta menghindari penyebaran covid-19.

Baca Juga: Toprak Razgatlioglu pastikan gelar juara dunia WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika

Diketahui, Menko Luhut hadir ke area Sirkuit Mandalika didampingi Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi , Menteri Koperasi dan UKM  Teten Masduki, Wamen II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kapolda NTB M. Iqbal, Direktur Inovasi dan Bisnis ITDC Arie Prasetyo , serta Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Septriana Tangkary.

 

Selanjutnya: Suzuki mengincar penjualan mobil sebanyak 1.300 unit sepanjang GIIAS 2021

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru