Mahfud MD Ziarah ke Makam Gus Dur dan Pendiri NU Saat Kunjungi Jombang

Sabtu, 02 Desember 2023 | 17:39 WIB Sumber: Kompas.com
Mahfud MD Ziarah ke Makam Gus Dur dan Pendiri NU Saat Kunjungi Jombang

ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD memberikan keterangan pers terkait RUU Perampasan Aset Hasil Tindak Pidana di Jakarta, Jumat (14/4/2023).?Mahfud menjelaskan bahwa pemerintah telah menyelesaikan naskah substantif draf Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perampasan Aset Hasil Tindak Pidana dan akan segera dikirimkan ke DPR. Warta Kota/YULIANTO


PEMILU 2024 -  JOMBANG. Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3, Mahfud MD, melakukan ziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (2/12). Safari politik Mahfud di Jombang dimulai dengan mengunjungi makam KH. Wahab Chasbullah di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.

Kehadiran Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini disambut oleh beberapa kiai dari jajaran pengasuh Pesantren Bahrul Ulum, antara lain KH. Abdul Latif Malik, KH. Abdul Wahab atau Gus Wahab, serta KH. Roqib Wahab Yahya atau Gus Roqib.

Saat berziarah ke makam pendiri NU, Mahfud juga menerima sambutan dari simpatisan Barikade Gus Dur dan massa Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK). Di kompleks makam Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Mahfud tampak memanjatkan doa dan tahlil.

Baca Juga: Masuk TPN, Aktivis Buruh Arnod Sihite Yakin Ganjar-Mahfud Bela Buruh

Ritual ziarah kemudian dilanjutkan dengan penaburan bunga di pusara makam Kiai Wahab Chasbullah. Mahfud MD menjelaskan bahwa kunjungannya ke Jombang difokuskan untuk berziarah ke makam pendiri NU, termasuk ke makam Kiai Wahab Chasbullah.

Menurut Mahfud, Kiai Wahab adalah tokoh yang memiliki jasa tak ternilai dalam memperkuat semangat patriotisme dan nasionalisme di Indonesia. "KH. Wahab Chasbullah sangat menginspirasi nasionalisme dengan ungkapan hubbul wathon minal iman," kata Mahfud di Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang.

Mahfud menjelaskan bahwa ungkapan "hubbul wathon minal iman" atau cinta tanah air sebagai bagian dari iman dicetuskan oleh Kiai Wahab dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak kalangan. "Itu sangat terkenal di Indonesia dan (ungkapan hubbul wathon minal iman) ini lahir dari Kiai Wahab Chasbullah, maka saya berziarah ke sini," tambahnya.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Janji Siap Babat Habis Praktik KKN Jika Terpilih

Setelah ziarah ke makam Kiai Wahab Chasbullah, Mahfud MD melanjutkan perjalanan ke makam Gus Dur dan KH. Hasyim Asy’ari di Pesantren Tebuireng. Di sana, Mahfud memanjatkan doa dan tahlil yang dipimpin oleh pengasuh Pesantren Tebuireng, KH.

Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Mahfud juga menyempatkan diri untuk menaburkan bunga di makam Gus Dur, pusara makam Kiai Hasyim Asy’ari, dan makam pahlawan nasional sekaligus ayah Gus Dur, KH. Wahid Hasyim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kunjungi Jombang, Mahfud MD Ziarah ke Makam Gus Dur dan Pendiri NU"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru