CLOSE [X]

Makanan Khas Banjarnegara, Kuliner Tradisional yang Wajib Dicoba

Rabu, 27 Juli 2022 | 14:59 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Makanan Khas Banjarnegara, Kuliner Tradisional yang Wajib Dicoba

ILUSTRASI. Buntil adalah salah satu makanan khas Banjarnegara. dok/Gilbams Kitchen


KONTAN.CO.ID - Semarang. Banjarnegara adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Selain pesona wisata khas pegunungan, ada makanan khas Banjarnegara yang harus dicoba. 

Beberapa makanan khas Banjarnegara hanya bisa ditemui di daerah tersebut. Sekalipun ada juga kuliner Banjarnegara yang mirip dengan makanan dari daerah lain, namun cita rasa dan juga bumbu rempahnya memiliki perbedaan. 

Wilayah dengan kondisi geografis didominasi oleh dataran tinggi, membuat makanan khas Banjarnegara juga didominasi hasil pertanian, bukan aneka makanan khas laut seperti daerah pantai. 

Lantas, apa saja makanan khas Banjarnegara? 

Baca Juga: 9 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Bisa Mencegah Flek Hitam

Makanan khas Banjarnegara

Nah, berikut ini sederet makanan khas Banjarnegara Jawa Tengah sebagaimana dikutip dari buku "Makanan Khas Jawa Tengah" (2022), Prasita Puspita Sari, Penerbit Guepedia. 

1. Soto Krandegan

Makanan khas Banjarnegara Jawa Tengah yang cukup poluler adalah Soto Banjarnegara atau juga biasa dikenal dengan Soto Krandegan. Soto ini unik dan berbeda dengan daerah lain.

Kuliner khas Banjarnegara ini memiliki kuah berwarna kuning yang dikombinasikan dengan santan dan tulang sapi. 

Soto khas Banjarnegara ini juga memiliki isian ketupat, tauge, dan irisan daging sapi. Nama Krandegan sendiri diambil dari daerah asal warung yang pertama kali menjual soto ini.

Baca Juga: 4 Hal Ini yang Membedakan Kecap Asin dengan Kecap Ikan, Sudah Tahu?

2. Buntil

Buntil Makanan Khas Banjarnegara

Makanan khas Banjarnegara Jawa Tengah kedua yang sangat populer adalah buntil. Kuliner Banjarnegara ini sebenarnya adalah lauk yang dibuat dari daun pepaya, daun singkong, dan daun talas yang dibentuk bulat.

Selain di Banjarnegara, buntil juga bisa ditemui di Banyumas. Nama buntil sendiri diambil dari proses pembuatannya, yakni daun-daun tersebut diikat-ikat yang dalam bahasa Banyumasan disebut diuntil-until. 

Baca Juga: Meredakan Asam Lambung, Ini Manfaat Kemangi untuk Kesehatan

3. Combro Kalipalet

Makanan khas Banjarnegara Jawa Tengah berikutnya adalah Combro Kalipalet. Sesuai namanya, combro ini berasal dari Kalipalet, sebuah daerah yang warganya banyak memiliki keahlian membuat combro. 

Hampir serupa dengan combro dari daerah lain, Combro Kalipalet juga dibuat dari singkong yang diparut lalu dicampur dengan dengan parutan kelapa dan garam. Isian Combro Kalipalet biasanya berupa oncom. Kuliner Banjarnegara ini cocok dijadikan camilan sembari minum kopi atau teh. 

Itulah tiga makanan khas Banjarnegara Jawa Tengah yang bisa dicoba saat Anda berkunjung ke daerah tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru