Makin Menyebar, Satu Kasus Varian Omicron Ditemukan di Sukoharjo

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:06 WIB Sumber: Kompas.com
Makin Menyebar, Satu Kasus Varian Omicron Ditemukan di Sukoharjo

ILUSTRASI. kasus Omicron ditemukan di Sukoharjo, Jawa Tengah


COVID-19 - JAKARTA. Virus corona varian Omicron di Indonesia kian menyebar. Terbaru, ada satu kasus Covid-19 varian Omicron yang ditemukan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sukoharjo Yunia Wahdiyadi mengatakan, temuan kasus tersebut setelah dilakukan pengambilan sampel dengan metode whole genome sequencing (WGS) pada Desember 2021. Namun, hasilnya baru keluar pada Jumat (21/1) dan dinyatakan positif varian Omicron.

"Kami sampaikan, bahwa ini kasus lampau (Desember) yang hasil WGS-nya baru jadi hari ini," kata Yunia dihubungi wartawan via telepon, Jumat (21/1).

Pengambilan sampel WGS tersebut dilakukan karena pasien Covid-19 saat itu memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi temuan Omicron.

"Pengiriman sampel karena pasien saat itu punya riwayat dari kota yang sudah terkonfirmasi Omicron," terang Yunia yang juga menjabat Direktur RSUD Ir Soekarno.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Mencapai Lebih Dari 180 Juta Orang

Yunia mengatakan, pasien positif Omicron tersebut saat ini sudah dinyatakan sembuh. Sebanyak dua kontak erat pasien tersebut saat di-swab dengan menggunakan metode PCR hasilnya semua dinyatakan negatif.

"Ada dua orang, keluarga inti, dan hasilnya negatif," tutur Yunia.

Lebih lanjut, Yunia mengatakan pengiriman sampel WGS selalu dilakukan kepada pasien Covid-19 yang memiliki riwayat perjalanan ke wilayah berisiko atau bertemu orang asing.

Sampel yang telah diambil dari pasien Covid-19 tersebut kemudian dikirim ke Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan Jawa Tengah.

"Setiap kami mendapatkan kasus positif dengan riwayat bepergian dari wilayah beresiko atau bertemu dengan orang asing atau orang dari luar kota, dan hasil CT-nya kurang dari 30, kami kirim sampel untuk periksa WGS. Selama ini hasilnya Delta," pungkas Yunia.

Penulis : Kontributor Solo, Labib Zamani
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satu Kasus Omicron Ditemukan di Sukoharjo".
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru