Mengapa Harga Cabai Merah Besar Naik di Pasaran? Ini Jawaban Bapanas

Sabtu, 09 Maret 2024 | 04:23 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Mengapa Harga Cabai Merah Besar Naik di Pasaran? Ini Jawaban Bapanas

ILUSTRASI. Bapanas mengungkap alasan adanya kenaikan harga cabai merah besar di pasar menjelang bulan suci Ramadan. KONTAN/Fransiskus Simbolon


LONJAKAN HARGA CABAI - JAKARTA. Beberapa waktu terakhir, harga bahan-bahan pangan mengalami lonjakan. Salah satunya adalah cabai merah besar. 

Lantas, apa yang menyebabkan harga cabai merah besar mengalami kenaikan?

Melansir Infopublik.id, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa mengungkap alasan adanya kenaikan harga cabai merah besar di pasar menjelang bulan suci Ramadan.

Ketut mengatakan, untuk cabai merah besar, pihak Bapanas sudah mengumpulkan para petani di daerah Jawa Timur. Mereka gundah karena cabe yang mereka tanam yang seharusnya 35 hari dapat berbunga, akan tetapi mengalami kelambatan menjadi 65 hari baru berbunga. 

"Sehingga pasti akan sedikit mengalami kenaikan. Itu yang menjadi tantangan kami dan para petani untuk terus berproduksi,” jelasnya di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Mendag: Stok Bahan Pokok Banyak, Masyarakat Tidak Perlu Khawatir

Meskipun begitu masyarakat tidak perlu khawatir dan diharapkan agar senantiasa berbelanja bijak, karena stok pangan secara nasional aman dan cukup. 

Itu karena setiap elemen pemerintah bersama pelaku usaha akan bahu membahu mendistribusikan pasokan ke pasar-pasar, sehingga masyarakat dapat mengakses lebih mudah dengan harga yang baik.

Baca Juga: Harga Komoditas Pangan Mulai Beras hingga Daging, Telur Kompak Naik

Dilansir dari data Bapanas, sejumlah bahan pangan mengalami penurunan di sebagian pasar khususnya harga cabai merah rawit dan cabai merah keriting, yang mana sebelumnya di angka Rp 120.000 per kilogram menjadi Rp 100.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru