Menjelang demo mahasiswa, jalan sekitar Istana Negara ditutup

Senin, 21 Oktober 2019 | 15:13 WIB   Reporter: kompas.com
Menjelang demo mahasiswa, jalan sekitar Istana Negara ditutup

ILUSTRASI. Kawat duri pembatas massa buruh dengan polisi di depan gedung Sapta Pesona, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2017).


UNJUK RASA - JAKARTA. Di saat Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah orang yang bakal duduk di kursi Kabinet Kerja jili II, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Senin (21/10).

Pada pukul 13.54 WIB, kira-kira 50 orang mahasiswa mengenakan jaket almamater IPB dan Trisakti baru saja tiba dan berkumpul di kawasan Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat. “Kita tunggu dari sini teman-teman kita yang masih dalam perjalanan,” ujar seorang mahasiswa dengan pengeras suara.

Meski aksi unjuk rasa belum mulai, akses Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Negara sudah ditutup. Polisi memasang kawat berduri dan separator untuk menutup jalan.

Baca Juga: Sambut pemerintahan baru Jokowi-Ma'ruf, BEM SI bakal gelar demo di Istana hari ini

Sementara sejumlah personel kepolisian juga telah berjaga di lokasi aksi unjuk rasa. Terlihat pula kendaraan taktis dan water cannon yang terparkir di depan Gedung Kemenkopolhukam.

Lewat akun Instagram @bem_si, BEM SI meminta seluruh elemen mahasiswa untuk sama-sama memastikan lima tahun kepemimpinan Joko Widodo-Ma’ruf Amin berpihak kepada rakyat dan kemanusiaan. Mereka juga mengingatkan, ada agenda dan janji yang belum Jokowi tuntaskan di masa pemerintahan sebelumnya.

Selain itu, BEM SI menuntut Presiden untuk mengeluarkan Perppu KPK. Undang-Undang KPK hasil revisi mulai berlaku Kamis (17/10) lalu setelah disahkan dalam Sidang Paripurna DPR, 17 September 2019.

Penulis: Cynthia Lova

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Demo Mahasiswa, Jalan Sekitar Istana Negara Ditutup"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru