Menko PMK Sebut Puncak Arus Mudik Lebaran di Tol Japek Sudah Terjadi Semalam

Kamis, 20 April 2023 | 16:00 WIB Sumber: Kompas.com
Menko PMK Sebut Puncak Arus Mudik Lebaran di Tol Japek Sudah Terjadi Semalam

ILUSTRASI. Foto udara kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek KM 47 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.


LALU LINTAS - BEKASI. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy mengungkapkan, puncak arus mudik Lebaran 2023 di Tol Cikampek terjadi pada Rabu (19/4) malam. 

Muhadjir mengungkapkan itu saat meninjau Command Center PJR Korlantas Polri di Km 29 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (20/4) sore. 

"Untuk mengalami kenaikan dari yang semula sekitar 135.000 (kendaraan) untuk tahun lalu, sekarang menjadi 163.000. Jadi, ada kenaikan yang cukup signifikan dan diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada tadi malam," ungkap Muhadjir. 

Ia mengungkapan, arus kendaraan yang melintas di Tol Japek saat ini sudah melandai. Namun, pemerintah akan terus memantau adanya kemungkinan kenaikan volume kendaraan pada malam nanti. 

Baca Juga: Jasa Marga Catat Rekor Arus Lalu Lintas Tertinggi Sepanjang Arus Mudik Lebaran

Dirgakkum Korlantas Polri Brigadir Jenderal Aan Suhanan menyebut hal yang sama. 

Berdasarkan catatan yang dimiliki Polri, kemungkinan lebih dari 20% pemudik baru akan berangkat nanti malam dan pada Jumat (21/4) besok. 

"Sisa dua hari lagi, masih ada sekitar 20% lebih untuk yang mudik di tanggal 20-21 April, sekitar 200.000 kendaraan. Artinya, setiap hari ada sekitar 105.000 kendaraan per hari yang akan melintas," ujar Aan. 

"Artinya, nanti malam kemungkinan akan ada peningkatan arus kendaraan, tapi tidak seperti kemarin prediksinya," imbuh dia. (Penulis : Joy Andre/ Editor : Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menko PMK Sebut Puncak Arus Mudik Lebaran di Tol Japek Sudah Terjadi Tadi Malam"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru