Menteri Basuki: IKN Siap Gelar Upacara HUT RI Ke-79

Kamis, 01 Agustus 2024 | 12:39 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Menteri Basuki: IKN Siap Gelar Upacara HUT RI Ke-79

ILUSTRASI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, Lapangan Upacara di IKN sudah siap digunakan untuk HUT RI Ke-79.


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, Istana Negara dan Lapangan Upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah siap digunakan sebagai venue upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

Melansir Infopublik.id, dalam Konferensi Pers Bulan Kemerdekaan yang digelar di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta pada Kamis (1/8/2024), Basuki yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan bahwa persiapan infrastruktur utama seperti tenda-tenda dan podium telah dimulai. 

"Sekarang sudah mulai dipersiapkan tenda-tenda dan podium untuk upacara nantinya. Semua prasarana di istana sudah siap, sekarang sedang dilengkapi dengan loose furniture seperti meja, lukisan, dan lampu-lampu yang ditangani langsung oleh Kemensetneg. Diharapkan sebelum 17 Agustus sudah lengkap semua,” ucapnya.

Selain Istana Negara, progres pembangunan Istana Garuda juga hampir selesai dengan tingkat penyelesaian mencapai 99%. Proses pemasangan dan pengisian loose furniture sedang dilakukan untuk mempercantik Istana Garuda.

Untuk konektivitas ke IKN saat upacara HUT ke-79 RI nanti, Basuki mengungkapkan bahwa terdapat dua jalur alternatif yang dapat digunakan oleh tamu undangan setelah mendarat di Bandara Sepinggan, Balikpapan. 

Baca Juga: Trem Otonom Menjadi Penghias HUT Kemerdekaan Indonesia di IKN

Jalur pertama adalah Jalan Tol Balikpapan-Samarinda exit gate Kangjoang, melalui Jalan Nasional Akses TPK Kariangau menuju Jembatan Pulau Balang hingga Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. 

"Insya Allah sudah siap. Panjangnya jika melalui jalan tol ini yaitu 88 kilometer dan dapat ditempuh selama 90 menit," jelasnya.

Akses kedua adalah menggunakan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda exit gate Samboja KM 38, menuju Jalan Nasional Samboja Sepaku dengan waktu tempuh estimasi 120-150 menit.

Basuki juga menambahkan bahwa jalan-jalan di KIPP, yang akan menjadi fokus penyelenggaraan Upacara HUT ke-79 RI, sudah siap digunakan oleh para tamu. 
Selain itu, Autonomous Rail Transit (ART) sudah dapat beroperasi sehingga memudahkan transportasi para tamu undangan. 

Baca Juga: Satu Set Tren Otonom untuk IKN Sudah Tiba di Balikpapan

"Jalan-jalan di kawasan KIPP, tempat fokus penyelenggaraan upacara, di sebagian jalan sudah 100 persen diaspal. Kemudian di sumbu barat, sumbu timur, Grande, dan sebagainya sepanjang 7 KM sudah bisa dilalui oleh para tamu. Termasuk ART di IKN, sudah bisa dioperasikan oleh Kementerian Perhubungan," tambah Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru