Menteri Basuki Targetkan Pengaliran Air Minum di IKN Rampung Akhir Juli 2024

Rabu, 24 Juli 2024 | 03:26 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Menteri Basuki Targetkan Pengaliran Air Minum di IKN Rampung Akhir Juli 2024

ILUSTRASI. Sistem pengaliran air di IKN ditargetkan dapat beroperasi penuh pada akhir Juli 2024. KONTAN/Hendra Suhara


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Jelang pelaksanaan Upacara Perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melakukan test pengaliran air (running test) ke-3. 

Melansir Infopublik.id, pengaliran air tersebut berasal dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku menuju reservoir induk IKN Nusantara yang berada di titik tertinggi. 

Adapun targetnya, sistem pengaliran air ini dapat beroperasi penuh pada akhir Juli 2024.

Hal itu disampaikan Menteri PUPR sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) OIKN Basuki Hadimuljono saat mengikuti langsung tes pengaliran air (running test ke-3) yang berlangsung sejak Sabtu (20/7/2024) hingga Senin (22/7/2024).

"Ini air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum. Kami terus mengecek kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir. Kita berharap air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan," ucap Basuki pada Selasa (23/7/2024).

Dengan didampingi Wakil Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) selaku Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni, tes ini merupakan bagian penting dalam pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk melayani kebutuhan air minum di IKN Nusantara.

Baca Juga: Ada Usulan Kawasan Ekonomi di IKN Nusantara, Bareng Tujuh Usulan KEK Baru

Setelah running test pengaliran berhasil, kini tengah dilakukan pengurasan sistem dan jaringan, sekaligus memonitor dengan ketat kualitas air dalam jaringan perpipaan untuk menjamin kualitas air minum yang baik, sesuai standar kesehatan yang berlaku. 

SPAM Sepaku sendiri terdiri dari IPA berkapasitas 300 liter/ detik, pipa transmisi 16 km, reservoir dan pipa distribusi 22 kilometer (km). 

SPAM Sepaku tahap I ditargetkan akan melayani Kantor dan Istana Presiden, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Gedung Mess Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Baca Juga: Menteri PUPR Lapor Tol IKN Bakal Dibuka Jelang 17 Agustus, Begini Progresnya

Selain itu, SPAM Sepaku juga akan melayani Komplek Kementerian Koordinator 1,2,3, dan 4; Amphitheater; Galeri; Service Area; Hunian Aparatur Sipil Negara (ASN); Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) serta fasilitas umum lain seperti hotel, sekolah, pertokoan dan rumah sakit. 

Sebelumnya, Plt Kepala dan Wakil Kepala OIKN juga meninjau Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Intake Sepaku pada Jumat (19/7/2024) guna mengecek kesiapan ketersediaan air bersih dan fasilitas dasar jelang pelaksanaan Upacara Perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru