Menteri ESDM Ajak Seluruh Pelaku Usaha Terlibat Dorong Kendaraan Listrik

Selasa, 30 Agustus 2022 | 13:32 WIB   Reporter: Filemon Agung
Menteri ESDM Ajak Seluruh Pelaku Usaha Terlibat Dorong Kendaraan Listrik

Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyaksikan?fasilitas penukaran baterai?motor listrik?pada SPBU Pertamina di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar,?Bali, Selasa (30/8/2022).


KENDARAAN LISTRIK - DENPASAR. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta seluruh pelaku usaha terlibat dalam upaya memenuhi permintaan kendaraan listrik.

Arifin mengungkapkan, saat ini ada kebutuhan besar untuk kendaraan listrik. Untuk itu, seluruh pelaku usaha termasuk kolaborasi antara PT Pertamina dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) diharapkan dapat dilakukan.

"Semuanya harus ikut partisipasi, ujungnya adalah efisiensi nasional. Jadi memang siapapun bisa ikut bagaimana kita mendorong demand kendaraan listrik," ujar Arifin di SPBU Hayam Wuruk di Denpasar, Bali, Selasa (30/8).

Baca Juga: Pertamina: Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik Dimulai dari Motor Roda Dua

Arifin mengungkapkan, konversi dari kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan listrik menjadi program jangka panjang. Selain itu, penggunaan kendaraan listrik dinilai dapat membantu masyarakat untuk menghemat biaya bahan bakar yang digunakan.

"Kalau pakai BBM itu Rp 30 ribu per hari. kalau pakai (fasilitas) tukar baterai Rp 10 ribu per hari," jelas Arifin.

Arifin menjelaskan, secara khusus Pertamina harus bisa mengantisipasi tantangan jangka panjang dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Menurutnya, sumber migas tanah air makin menurun. Untuk itu, Pertamina diharapkan bisa mencari sumber energi alternatif salah satunya dengan pemanfaatan kendaraan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru