Menteri Kesehatan Resmikan Genomics Hub Jakarta

Rabu, 13 April 2022 | 20:44 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Menteri Kesehatan Resmikan Genomics Hub Jakarta

ILUSTRASI. Petugas melakukan tes usap PCR kepada warga di laboratorium Genomik Solidaritas Indonesia (GSI). KONTAN/Fransiskus Simbolon


COVID-19 - JAKARTA. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan Genomics Hub (Genomik Solidaritas Lab) yang berlokasi di Jl. Sultan Agung No.29, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

GSI Lab adalah inisiatif kewirausahaan sosial (social entrepreneurship) dan pelopor aksi solidaritas #SwabAndSaveIndonesia untuk mendukung pemerintah dan masyarakat dalam percepatan penanganan COVID-19 melalui pengetesan PCR yang cepat dan akurat.

GSI lab kini sudah menjadi official dealer Oxford Nanopore Technologies (ONT) dan juga sudah mendapatkan sertifikasi pemberi layanan sequencing dari ONT untuk membantu mengedepankan penelitian di Indonesia, dimana alat sequencing yang di hadirkan mempermudah pengguna untuk melakukan sequencing dimana saja, kapan saja.

Dengan teknologi real time sequencing, hasil dan proses sequencing dapat dipantau secara langsung. GSI lab bekerja sama dengan Oxford Nanopore Technologies (UK) untuk mengkedepankan sistem sequencing di Indonesia.

Baca Juga: Menkes Sebut Covid-19 di Jakarta Didominasi Omicron, Ini Gejala & Cara Mencegahnya

Genomics Hub memiliki beberapa fasilitas antara lain Lab medis utama, Konsultasi, dan perkantoran.

Budi mengatakan metode sequencing ini adalah revolusi sains berikutnya yang akan mempengaruhi peradaban manusia.

"Sekarang bagaimana kita bisa memanfaatkan opportunity ini untuk Indonesia ke depannya. Jadi teman-teman GSI saya akan membuat ekosistem termasuk saya ngumpulin investor-investor nya," katanya pada peresmian Genomics Hub di Jakarta, Rabu (13/4).

"Selamat GSI, terus bekerja sama dengan pemerintah karena kita akan mendorong ini sebagai transformasi bidang kesehatan," tambah Menkes Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru