MUI janji dukung warga Luar Batang

Selasa, 10 Mei 2016 | 15:13 WIB Sumber: Kompas.com
MUI janji dukung warga Luar Batang


Jakarta. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan akan mempertahankan Kampung Luar Batang di Penjaringan, Jakarta Utara, dari rencana penggusuran yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pasalnya, kampung tersebut dianggap memiliki nilai sejarah yang tinggi.

"Pertama, kita akan pertahankan Kampung Luar Batang karena itu tempat bersejarah karena punya nilai tinggi dalam perkembangan Islam di Jakarta," kata Ketua MUI Maruf Amin saat berdialog dengan warga Pasar Ikan, Kampung Akuarium, dan Luar Batang, di Pasar Ikan, Jakarta Utara, Selasa (10/5/2016).

Maruf juga tak setuju dengan rencana Pemprov DKI yang menata kawasan sekitar Masjid Luar Batang. Menurut Maruf, masyarakat harus tetap berada di sekitar masjid tersebut. "Kita akan lihat apakah ada hak yang dilanggar dan mana hak yang harus dibela. Kemungkinan malah bisa jadi ada semacam gugatan (kalau digusur)," ujar Maruf.

Selain akan mempertahankan Luar Batang dari penertiban, Maruf juga menyatakan MUI akan memperjuangkan hak masyarakat Pasar Ikan dan Kampung Akuarium yang telah digusur. Maruf ingin memastikan warga mendapat tempat tinggal atau ganti rugi yang layak.

"Kita akan membela hak mereka sebagai warga negara, misalnya (soal) penggantian hak tinggal, (dan) apa saja yang akan kita rumuskan setelah mendengar keluhan warga," ujar Maruf.

Saat ini, Komisi Hukum MUI tengah menyusun agenda pertemuan dengan Pemprov DKI untuk menyampaikan keluhan warga Pasar Ikan, Luar Batang, dan Kampung Akuarium.

(Robertus Belarminus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru