Jabodetabek

Mulai hari ini perjalanan KRL kembali normal, penumpang dilarang pakai masker scuba

Senin, 19 Oktober 2020 | 07:40 WIB Sumber: Kompas.com
Mulai hari ini perjalanan KRL kembali normal, penumpang dilarang pakai masker scuba


KONTAN.CO.ID - BOGOR. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan penyesuaian jam operasional kereta rel listrik ( KRL) Jabodetabek di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi Jakarta. 

Mulai Senin (19/10), jam operasional KRL akan kembali normal seperti di masa sebelum pandemi Covid-19, yaitu pukul 04.00 WIB hingga menjelang pukul 24.00 WIB setiap hari. 

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, dengan penormalan jadwal operasional tersebut, pihaknya akan mengoperasikan 993 perjalanan KRL setiap hari dengan 91 rangkaian kereta. 

Meski begitu, kata Anne, pembatasan penumpang KRL tidak mengalami perubahan, yaitu 74 orang per kereta atau sekitar 40% dari jumlah kapasitas. 

Baca Juga: KAI: Selalu mengingatkan penumpang untuk terapkan 3M

"Dengan penyesuaian jam operasional ini, diharapkan pengguna KRL dapat mengatur jadwal keberangkatannya terutama pada jam sibuk sore hingga malam hari agar terhindar dari kepadatan di dalam kereta maupun stasiun," kata Anne, dalam siaran persnya, hari Minggu (18/10). 

Anne menambahkan, dengan jumlah perjalanan KRL yang kembali normal, pihaknya meminta kerja sama yang lebih baik dari pengguna dalam menjaga protokol kesehatan di dalam kereta. 
Termasuk, kata dia, pelarangan penggunaan buff dan masker jenis scuba terhadap seluruh penumpang KRL. 

PT KCI mewajibkan seluruh pengguna KRL untuk memakai masker kain yang terdiri dari tiga lapisan atau masker kesehatan (medis). 

Kebijakan itu diterapkan untuk menekan penyebaran Covid-19 di dalam KRL. 

"Penggunaan masker kain atau masker medis terbukti efektif mencegah droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung," kata dia.

Selanjutnya: Apa itu masker scuba yang dianggap tidak efektif cegah virus corona?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Mulai Besok, Perjalanan KRL Kembali Normal, dari Pukul 04.00 - 24.00 WIB"

Penulis : Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah
Editor : Egidius Patnistik

Editor: Herlina Kartika Dewi


Terbaru