kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Naik kereta bandara, dari Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo ditempuh 20 menit


Minggu, 29 Desember 2019 / 18:27 WIB
Naik kereta bandara, dari Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo ditempuh 20 menit
ILUSTRASI. Jalur rel kereta api di Stasiun Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tenggah. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) mulai beroperasi secara perdana secara terbatas hari ini. Dengan adanya kereta api bandara ini, perjalanan kereta api rute Stasiun Solo Balapan – Bandara Internasional Adi Soemarmo akan waktu tempuh menuju sekitar 20 menit. 

Waktu ini lebih pendek dibandingkan waktu tempuh dari Kota Solo menuju Bandara Adi Soemarmo di jam sibuk dengan menggunakan mobil yang bisa memakan waktu  40-60 menit.

Baca Juga: Ini 30 Proyek Strategis Nasional yang selesai pada tahun ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, kereta api bisa menjadi akses transportasi utama dari dan ke Bandara Adi Soemarmo.

"Disini pertama kali di Indonesia kereta api bisa langsung masuk ke bandara [area keberangkatan terminal penumpang]. Waktunya juga sangat singkat dari pusat kota ke Bandara," kata Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan, Minggu (29/12).

Selama pengoperasian sementara, PT. KAI selaku operator KA BIAS pun akan menggratiskan biaya perjalanan kereta selama 2 bulan ke depan.

Baca Juga: Situs wisata asing rilis tempat wisata yang harus dihindari, Bali salah satunya

 Lebih lanjut, pengoperasian kereta bandara ini menciptakan integrasi antar moda transportasi untuk mendukung Candi Borobudur sebagai salah satu dari lima Bali baru atau destinasi wisata superprioritas. Menurutnya, pihaknya telah membuat lingkaran jalur kereta api yang mengelilingi dari Kota Cirebon, Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

"Nantinya warga dari Wonogiri, Madiun juga bisa turun di Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo dan sebaliknya menggunakan kereta. Atau dari Stasiun Solo Balapan bisa jalan-jalan menggunakan bus di Terminal Tirtonadi yang terhubung langsung dengan Solo Balapan," terang Budi.

Dia juga mengatakan, wisatawan bisa turun di Bandara Internasional Adi Soemarmo atau Bandara Internasional Yogyakarta sehingga  keterpaduan antar moda tersebut menjadi cluster kecil menuju Candi Borobudur.

Baca Juga: KPPIP terima 82 usulan proyek strategis nasional baru

Kereta Bandara Adi Soemarmo Boyolali merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional sesuai Perpres nomor 56 tahun 2018 tentang perubahan Perpres nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. 

Jalur KA Akses Kereta Bandara Adi Soemarmo – Stasiun Solo Balapan memiliki panjang jalur sekitar 13,5 kilometer. Skema penganggaran dilakukan secara tahun jamak (multiyear) sejak tahun 2017 hingga 2020 dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 820 miliar.





Close [X]
×