CLOSE [X]

Naik Lagi, 35.000 Penumpang Kereta Berangkat dari Jakarta pada H+2 Lebaran

Kamis, 05 Mei 2022 | 07:10 WIB Sumber: Kompas.com
Naik Lagi, 35.000 Penumpang Kereta Berangkat dari Jakarta pada H+2 Lebaran

ILUSTRASI. Mudik Lebaran dengan Kereta Api


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah pemudik pasca Lebaran dengan menggunakan kereta api masih meningkat. Kepala Humas Daerah Operasi (Daop) 1 PT Kereta Api Indonesia (KAI) Eva Chairunisa mengatakan, peningkatan pemudik pasca Lebaran masih terjadi Rabu (4/5) atau H+2 Lebaran.

"Peningkatan penumpang pasca hari Lebaran juga masih terlihat untuk keberangkatan pada 4 Mei 2022, di mana terdapat 35.000 penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta," ujarnya kepada Kompas.com, kemarin.

Karena itu, Eva mengimbau calon penumpang yang ingin mudik dan baru akan memesan tiket agar dapat memilih tanggal alternatif yang masih berdekatan dengan momen Lebaran seperti tanggal 5-7 Mei 2022.

Tiket pada tanggal tersebut masih cukup tersedia meskipun jumlah pemesanannya terus meningkat.

Baca Juga: Mudik Lebaran, 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Lewat Jalan Tol

Eva mengungkapkan, pada Rabu, tercatat ada 36 kereta api yang beroperasi dari Stasiun Gambir, Jakarta. Dari jumlah tersebut, di antaranya terdapat 8 kereta api tambahan.

"Adapun volume penumpang berangkat sebanyak 13.500 atau 76% dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.600," ungkap Eva.

Sementara itu, untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 29 kereta api yang beroperasi, 3 di antaranya merupakan kereta api tambahan.

Kemudian volume penumpang yang berangkat sebanyak 18.100 atau 86 persen dari total 21.000 tempat duduk.  

Data tersebut hanya menggambarkan jumlah keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, secara total pada H+2 Lebaran.

"Penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun yang melayani naik penumpang kereta api jarak jauh di area Daop 1 Jakarta tercatat masih cukup tinggi dengan okupansi rata-rata di angka 95%," pungkas Eva.

Penulis : Annisa Ramadani Siregar
Editor : Diamanty Meiliana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antusiasme Pemudik Masih Tinggi, 35.000 Penumpang Kereta Berangkat dari Jakarta H+2 Lebaran".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru