Normalisasi Kali Ciliwung, Jokowi: Saya Berikan Target Selesai dalam Dua Tahun

Rabu, 22 Februari 2023 | 04:08 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Normalisasi Kali Ciliwung, Jokowi: Saya Berikan Target Selesai dalam Dua Tahun

ILUSTRASI. Jokowi menargetkan pengerjaan normalisasi Sungai atau Kali Ciliwung di DKI Jakarta dapat diselesaikan pada akhir 2024. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pengerjaan normalisasi Sungai atau Kali Ciliwung di DKI Jakarta dapat diselesaikan pada akhir 2024 mendatang. Berdasarkan informasi terkini, pengerjaan normalisasi Kali Ciliwung saat ini, hanya tersisa pada sekitar kawasan sepanjang  17 kilometer (km). 

Melansir infopublik.id, saat ini, sejumlah titik sudah dapat mulai dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Seperti, di daerah di Rawajati dan Pengadegan sudah mulai bisa dilakukan pembangunan. 

“Saya berikan target tadi dalam dua tahun kita harap, normalisasi Kali Ciliwung sudah selesai,” kata Jokowi ketika meninjau normalisasi Kali Ciliwung pada Selasa (21/2/2023). 

Menurut Jokowi, pembebasan tanah di kedua daerah itu telah selesai dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

Baca Juga: Jokowi Minta Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai Ciliwung Dilanjutkan

Informasi saja, pembebasan tanah menjadi masalah yang menghambat pengerjaan normalisasi dalam beberapa waktu belakangan. 

“Pembayaran sudah mulai dilakukan di Pengadegan yang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN mulai dari hari ini,” tutur Presiden. 

Setiap titik yang telah selesai melalui proses pembebasan lahan, harus segera dilakukan pengerjaan normalisasi. Dengan begitu, penyelesaian pengerjaan normalisasi pada Kali Ciliwung dapat sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan di atas.     

Jokowi menilai, jika pengerjaan normalisasi Kali Ciliwung selesai, hal itu dapat mengatasi potensi banjir yang kerap menimpa sejumlah kawasan di DKI Jakarta ke depannya. 

Baca Juga: Habiskan Rp 820 Miliar, Bendungan Danu Kerthi Bisa Tampung 5,1 Juta Meter Kubik Air

Sebab, upaya normalisasi Kali Ciliwung dapat menahan yang dilakukan dapat membuat air yang mengalir ke DKI Jakarta dapat dialirkan pada  Bendungan Ciawi dan Sukamahi. 

“Air yang mengalir dari atas juga dapat ditahan oleh Bendungan Sukamahi dan Ciawi,” kata Presiden. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru