kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Nyepi Segara, penyeberangan Sanur menuju Lembongan dan Nusa Penida ditutup besok


Minggu, 13 Oktober 2019 / 14:00 WIB

Nyepi Segara, penyeberangan Sanur menuju Lembongan dan Nusa Penida ditutup besok
Penyeberangan Sanur menuju Lembongan dan Nusa Penida ditutup besok karena Nyepi Segara

KONTAN.CO.ID - BALI. Sebagai rangkaian dari upacara Karya Ngusaba Alit Jagat Nusa Penida di Kahyangan Jagat Pura Penataran Ped, Senin (14/10/2019) esok akan digelar Nyepi Segara. Nyepi Segara dilaksanakan selama 24 jam, mulai Senin (14/10) pukul 06.00 Wita hingga Selasa (15/10) pukul 06.00 Wita.

Sementara untuk pelaksanaan Karya Ngusaba Alit Jagat Nusa Penida dilaksanakan pada hari ini bertepatan dengan Purnama Kapat. Dengan dilaksanakannya Nyepi Segara ini, maka penyeberangan dari Sanur menuju Lembongan maupun Nusa Penida ditutup selama 24 jam.

Made Mudita, seorang penjaga loket tiket boat Sri Rejeki mengatakan semua loket tiket menuju ke Nusa Penida dan Lembongan, esok tutup.

Mudita mengaku pihaknya telah mendapat surat edaran kurang lebih sejak dua bulan lalu. "Ini semua tutup, jadinya kami libur selama sehari penuh. Nanti Selasa baru buka lagi," kata Mudita saat ditemui Minggu (13/10) siang.

Baca Juga: Catat, ini daftar 16 hari libur nasional tahun 2020

Walaupun demikian, menurut pengalaman tahun-tahun sebelumnya, masih ada saja wisatawan yang datang untuk melakukan penyeberangan. "Ada saja, satu dua orang yang mungkin tidak tahu informasi. Tapi di sini dijelaskan bahwa penyeberangan ditutup," katanya.

Sementara itu, Staf Syahbandar Wilayah Kerja Sanur, Agus Prio Sudharma mengatakan selain penyeberangan ke Nusa Penida maupun Lembongan tetap dibuka seperti biasa. Akan tetapi menurutnya di Sanur kebanyakan rutenya ke Nusa Penida dan Lembongan.

"Ini hanya untuk yang ke Nusa Penida dan Lembongan saja. Kalau yang ke Gili Trawangan berjalan seperti biasa. Tapi kan dari Sanur kan kebanyakan ke Nusa Penida dan Lembongan. Dari sini ada scot boat biasanya transit Lembongan tapi kalau beroperasi mungkin langsung ke Gili," katanya.

Sehari sebelum pelaksanaan Nyepi Segara ini, Agus mengatakan tak ada peningkatan penumpang yang signifikan. "Kalau peningkatan penumpang tidak signifikan, karena boat yang sering nginep sini balik ke Nusa Penida, karena ada yang berlabuh di sini pulang," katanya.

Baca Juga: Bali airports reopens after 24-hour closure for Nyepi

Pihaknya pun mengaku telah menginformasikan hal ini dua minggu sebelum surat edaran turun kepada pengusaha penyeberangan, kapten boat, maupun operator. Ia menambahkan pada hari-hari biasa, biasanya ada sebanyak 20 boat yang melakukan penyeberangan baik dari arah Sanur ke Nusa Penida atau Lembongan dan sebaliknya.

Sementara itu, untuk hal-hal yang sifatnya emergensi tetap berjalan sebagaimana Hari Raya Nyepi di darat. "Untuk antisipasi kita standby emergensi. Misal ada yang melahirkan atau sakit kalau sifatnya emergensi tetap jalan. Sama kayak nyepi di darat. Ini hanya lintasan Lembongan dan Nusa Penida," katanya. (Dewi Agustina)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Besok Penyeberangan Sanur Menuju Lembongan dan Nusa Penida Ditutup"


Sumber : TribunNews.com
Editor: Yoyok

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×