Paket kebijakan lalu lintas untuk Asian Games diklaim tekan kemacetan hingga 30%

Senin, 25 Juni 2018 | 23:00 WIB Sumber: Kompas.com
Paket kebijakan lalu lintas untuk Asian Games diklaim tekan kemacetan hingga 30%


LALU LINTAS - JAKARTA. Paket kebijakan rekayasa lalu lintas dalam rangka perhelatan Asian Games 2018 diproyeksikan bakal mengurangi kemacetan hingga 30%. 

"Dari modeling yang kita lakukan, dari kondisi traffic saat ini bisa 30% tereduksi kemacetan yang ada," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko, Senin (25/6). 

Paket kebijakan yang dimaksud yakni perluasan ganjil genap, pembatasan lalu lintas angkutan barang untuk golongan III-V, dan penyediaan angkutan lalu lintas.

Selain itu ada pula kebijakan menutup gardu tol dan menyediakan jalur khusus bagi kendaraan peserta Asian Games. Namun Sigit mengatakan kebijakan itu masih dibicarakan bersama Badan Usaha Jalan Tol dan Badan Pengelola Jalan Tol. 

Dishub berharap masyarakat yang terdampak, menerima kebijakan ini dengan baik. Ia mengatakan dalam waktu dekat pihaknya bakal menyiapkan rute alternatif bagi pengendara yang terdampak. Paket kebijakan ini akan diuji coba pada 2 Juli 2018. 

"Tentunya jalur alternatif disiapkan. Di materi sosialisasi sudah kami sampaikan termasuk juga untuk memastikan accessibility dan adanya layanan terhadap masyarakat untuk tetap beraktivitas maka penambahan baik itu jumlah armada maupun rute transjakarta juga kita mungkinkan," ujar Sigit. (Nibras Nada Nailufar)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul : Paket Kebijakan Lalu Lintas untuk Asian Games Diproyeksikan Bakal Kurangi Kemacetan 30 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru