Pantau Hilal, Perukiyat di Masjid Raya KH Hasyim Ashri Gunakan 3 Alat

Minggu, 10 Maret 2024 | 17:59 WIB Sumber: Kompas.com
Pantau Hilal, Perukiyat di Masjid Raya KH Hasyim Ashri Gunakan 3 Alat

ILUSTRASI. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT, Reginaldus S.S. Serang menggunakan teropong untuk memantau Hilal penetapan awal Ramadhan 2022 di Kantor BMKG Kupang, NTT, Jumat (1/4/2022). Kanwil Kemenag NTT melaporkan bahwa Hilal tidak terpantau karena cuaca yang cerah berawan. Pantau Hilal, Perukiyat di Masjid Raya KH Hasyim Ashri Gunakan 3 Alat


RAMADAN - JAKARTA. Petugas Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdaltul Ulama (PWNU) DKI Jakarta menggunakan tiga jenis alat untuk memantau hilal di Masjid Raya KH Hasyim Ashari, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (10/3/2024). 

"Kami akan menggunakan dua alat teleskop robotik, yang dibantu dengan teodolit dan alat manual berupa rubu," ujar Ketua PWNU DKI Jakarta Abdul Kholik kepada wartawan di lokasi. 

Nanti, alat itu akan dioperasikan oleh ahlinya masing-masing. Adapun, penentuan 1 Ramadhan 1445 H akan ditentukan jika ketinggian hilal berada di angka tiga derajat. 

Baca Juga: Peziarah Tampak Kunjungi Makam Keluarga di TPU Karet Bivak, Tradisi Sebelum Ramadan

"Berdasarkan kesepakatan mabits, Menteri Agama, Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura, itu di tiga derajat," imbuh Abdul. 

Adapun, pemantauan hilal akan digelar menjelang matahari terbenam. Apabila ketinggiannya mencapai tiga derajat, maka 1 Ramadhan 1445 Hijriah atau hari pertama puasa akan jatuh pada besok hari, Senin (11/3/2024). 

Namun, apabila hilal tidak terlihat, maka hari 1 Ramadhan 1445 Hijriah akan jatuh pada hari Selasa (12/3/2024). 

Baca Juga: Marhaban Ya Ramadhan, Berikut Ucapan & Twibbon Ramadhan 2024

Pengamatan Kompas.com di lokasi, pemantauan hilal digelar di lantai dua masjid. Hingga berita ini disusun, sejumlah perukiyat masih mempersiapkan alat yang akan digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perukiyat Masjid Raya KH Hasyim Ashari Gunakan Tiga Alat untuk Pantau Hilal"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru