Park and ride, fasilitas yang akan dibangun di tiga terminal Jakarta

Minggu, 09 Desember 2018 | 07:52 WIB Sumber: Kompas.com
Park and ride, fasilitas yang akan dibangun di tiga terminal Jakarta

ILUSTRASI. TERMINAL BUS PULO GEBANG


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, Pemprov DKI bakal membangun park and ride di tiga titik pada 2019. Park and ride dibangun untuk mendorong warga memarkirkan kendaraannya dan menggunakan angkutan umum ke pusat kota.

"2019 sudah dianggarkan pembangunan park and ride di Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Kalideres di UP Terminal Angkutan Jalan Dishub," kata Sigit melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/12).

Saat ini, warga bisa memarkirkan kendaraannya di dua terminal tersebut. Namun, lanjut dia, kapasitasnya di Terminal Kampung Rambutan hanya 80 mobil dan 120 motor. Sementara kapasitas di Terminal Kalideres adalah 100 mobil dan 300 motor.

Selain itu, Pemprov DKI juga berencana membangun park and ride di sekitar depo MRT di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Sigit berharap warga bisa memarkirkan kendaraannya dan beralih menggunakan MRT.

"Rencana juga akan dibangun fasilitas park and ride di tanah milik BUMD Jakarta Tourisindo di kawasan TB Simatupang, Fatmawati," ujar Sigit.

Pemprov DKI Jakarta bakal menerapkan kebijakan pengetatan parkir mulai 2019. Pengetatan parkir dilakukan dengan menaikkan tarif serta mengurangi lahan. Tujuannya, warga meninggalkan kendaraan pribadi sehingga mengurangi kemacetan. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2019, "Park and Ride" Dibangun di Terminal Kampung Rambutan, Kalideres, dan TB Simatupang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru