Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Capai 93%, Akhir Tahun Ini Dipastikan Rampung

Jumat, 30 September 2022 | 12:57 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Capai 93%, Akhir Tahun Ini Dipastikan Rampung

ILUSTRASI. Pembangunan Tol Semarang - Demak capai 93%, pemerintah pastikan akan rampung akhir tahun 2022 . ANTARA FOTO/Aji Styawan/hp.


JALAN TOL - JAKARTA. Pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak di wilayah Jawa Tengah yang menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) telah memasuki tahap akhir. Sqat ini penyelesaian konstruksi khususnya pada Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 Km sudah mencapai 92,73%.

Setelah pelaksanaan konstruksi Seksi 2 tersebut rampung sepenuhnya pada akhir tahun 2022, selanjutnya akan dilakukan rangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) untuk dapat digunakan masyarakat.

Dalam keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menuliskan, hadirnya Jalan Tol Semarang - Demak diharapkan bisa melengkapi jaringan Jalan Tol dan ruas utama di sisi utara Pulau Jawa. Sehingga nantinya akan semakin mendukung pertumbuhan Pusat Ekonomi baru di Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Waskita Toll Road Jual Saham Jasamarga Semarang Batang

Selain itu juga jalan Tol Semarang - Demak akan menjadi penghubung kawasan strategis seperti pelabuhan, bandara, kawasan industri, kawasan pariwisata religi khususnya di wilayah Demak, dan mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan di sekitar kawasan Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani.

Di samping itu, Jalan Tol Semarang - Demak juga difungsikan sebagai penahan banjir rob, serta mengatasi banjir dan genangan air yang selama ini menjadi permasalahan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya itu, Jalan Tol dengan panjang 27 km ini juga terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 (Semarang/Kaligawe-Sayung)  sepanjang 10,69 Km yang merupakan porsi Pemerintah. 

“Sementara Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 Km merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak,” sebagaimana dikutip dalam keterangan resmi BPJT, Jumat (30/9). 

Baca Juga: Hutama Karya (HK) Akan Divestasi 3 Ruas Jalan Tol, Perkiraan Nilainya Rp 34 Triliun

Kemudian khusus untuk seksi 1 Semarang/Kaligawe-Sayung tengah dilakukan trial embankment hingga 2 lapis timbunan dan dapat dijadikan acuan untuk pekerjaan tanggul laut pada paket kontraktual 1B pada awal tahun 2023. 

Untuk Seksi 1 Semarang/Kaligawe-Sayung ditargetkan selesai konstruksinya pada pertengahan tahun 2024 mendatang. Nantinya Jalan Tol Semarang - Demak Seksi 2 akan memiliki dua Simpang Susun (SS) yaitu, SS Sayung dan SS Demak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru