Pembangunan MRT Fase 2A Sudah Mencapai 52%

Rabu, 25 Oktober 2023 | 18:22 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Pembangunan MRT Fase 2A Sudah Mencapai 52%

ILUSTRASI. PT MRT Jakarta (Perseroda) memaparkan perkembangan pembangunan MRT Jakarta Fase 2A, sudah mencapai 52%. (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


MRT - JAKARTA. PT MRT Jakarta (Perseroda) memaparkan perkembangan pembangunan MRT Jakarta Fase 2A, sudah mencapai 52%. Jalur MRT Fase 2A ini, meliputi jalur Bundaran HI - Monas. 

Sebagai informasi, pembangunan Fase 2A dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027, dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029. 

Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang. Saat ini, pembangunan yang telah berlangsung adalah adanya terowongan penghubung Stasiun MRT Monas dan Stasiun MRT Harmoni.

Baca Juga: Heru Budi: Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta Berjalan Sesuai Target

Direktur Konstruksi Weni Maulina menjabarkan lebih jauh proyek MRT Jakarta Fase 2A terbagi ke dalam 6 kontrak pengadaan, 3 kontrak pembangun jalur dan 3 kontrak pengadaan sistem.

"Progres fisik CP 201 per 25 September 2023 mencapai 62,81%. Salah satu fokus pembangunan paket proyek ini ialah tunneling atau pembangunan terowongan bawah tanah," ujarnya dalam forum Jurnalis MRT di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (25/10).

Dia melanjutkan, pihaknya telah melaksanakan pengeboran tunnel dari Stasiun Monas ke Stasiun Harmoni. Lalu, untuk terowongan di arah Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni, pengerjaannya sudah selesai dilakukan. 

Sementara untuk progres paket CP 202 Harmoni-Mangga Besar, progresnnya saat ini baru mencapai 18,73%. Lalu untuk CP 203 Mangga Besar-Kota, progresnya mencapai 39,60%.

Baca Juga: Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta Dipastkan Selesai pada 2027 Secara Bertahap

Weni menuturkan perkembangan MRT Fase 2A dari Bundaran HI ke Kota kurang lebih sudah sebesar 26,62% per 25 September 2023. Kemudian untuk CP 205 Railways System and Trackwork tengah dalam proses bidding builateral tied.

Tak hanya Jepang, kontraktor lokal juga dapat per partisipasi sebagai kontraktor utama. Ditargetkan rencana pemasukan penawarannya dilakukan per 30 November 2023.

"Untuk CP 206 Rolling Stock dan CP 207 Automatic Fare Collection System, saat ini masih dalam tahap penyiapan. Ditargetkan rencana pengumuman pengadaan akan dilakukan pada kuartal IV 2023 ini," urainya.

Asal tahu saja, Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru