Pembangunan Pasar Induk Kota Batu Malang Ditargetkan Rampung Mei 2023

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:52 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Pembangunan Pasar Induk Kota Batu Malang Ditargetkan Rampung Mei 2023

ILUSTRASI. Pasar Induk: Pedagang menata barang dagangannya


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Pembangunan pasar induk Kota Batu Jawa Timur ditargetkan Rampung pada Mei 2023. Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan saat ini pembangunan konstruksi pasar induk Kota Batu sudah mencapai 84,31 persen.

"Ditargetkan selesai pada Mei 2023 ini," dikutip dari akun twitter resmi Kementerian PUPR @KemenPU, Jum'at (27/1).

Pasar Induk Kota Batu dibangun setinggi 3 lantai di atas lahan seluas 44.525 m2. Lantai 1 sebagai zona basah, lantai 2 sebagai zona kering, dan lantai 3 sebagai zona makanan dan kuliner.

Jumlah kios Pasar Induk Kota Batu sebanyak 1.733 unit dan total los 1.033 unit. "Pasar ini akan mengutamakan efisiensi listrik, air, dan ramah lingkungan sehingga bangunan dipercaya aman, nyaman, sehat, ramah perempuan, anak dan difabel," jelasnya.

Baca Juga: Jadi Magnet Investasi Baru, Samaview Malang Ditargetkan Beroperasi 2024

Tidak hanya sebagai terminal komoditi pertanian atau distributor bahan pokok, pasar ini juga diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu, Malang dan sekitarnya, termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru.

Untuk diketahui, pembangunan Pasar Induk Kota Batu dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR melalui pendanaan APBN tahun 2021-2023 senilai Rp168 miliar.

Lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan secara menyeluruh bangunan utama pasar dan fasilitas penunjangnya seperti tempat sampah, rumah pompa, dan lansekap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru