kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pemerintah akan mengambil alih tanah konsesi terlantar di kawasan Toba


Kamis, 01 Agustus 2019 / 09:06 WIB
Pemerintah akan mengambil alih tanah konsesi terlantar di kawasan Toba

Reporter: Handoyo | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - DANAU TOBA. Pemerintah mengisyaratkan untuk mengambil alih sebagian tanah konsesi yang terlantar atau tidak dimanfaatkan di sekitar kawasan wisata Danau Toba untuk mendukung pengembangan kawasan pariwisata di wilayah itu.

Isyarat tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau proyek pertanian dan peternakan di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara (Sumut), Rabu (31/7).


Dalam peninjauan tersebut, Presiden melihat produksi pertanian organik yaitu jeruk dan bawang putih yang kualitasnya sangat baik namun kekurangan lahan untuk pengembangannya.

Menurut Presiden, baru tersedia lahan 100 ha di tahun  2016. Tahun 2018 lalu, dicoba ditanam bawang putih yang baunya wangi karena organik, kemudian cabainya juga kelihatan segar tapi pedas.

“Ini saya kira, hanya tanahnya kurang karena memang masih dikuasai oleh konsesi. Nah, ini nanti yang mau saya ambil. Nih, saya berikan ke Bupati, Gubernur untuk dibesarkan. Karena juga untuk perawatan juga sudah kita kompletin itu, mau traktor, mau eskavator, tadi itu dari Menteri Pertanian sudah kita berikan,” ungkap Presiden dikutip dari laman setkab.go.id.

 




TERBARU

×