Pemerintah Lakukan Pengelolaan Jalan Tol Berkelanjutan di Tol Bali-Mandara

Minggu, 06 November 2022 | 09:54 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Pemerintah Lakukan Pengelolaan Jalan Tol Berkelanjutan di Tol Bali-Mandara

ILUSTRASI. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jalan Tol Bali-Mandara.


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengelolaan jalan tol yang berkelanjutan, salah satunya melalui pelayanan optimal untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Selain itu, pemerintah turut menghadirkan lingkungan jalan tol yang lebih baik telah dilaksanakan penilaian jalan tol berkelanjutan pada jalan tol Bali - Mandara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengamanatkan kepada setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk terus meningkatkan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan karena kebutuhan dan ekspektasi publik yang semakin tinggi.

Dia mengatakan, jalan tol Bali - Mandara telah melebihi standar minimal jalan tol karena memiliki ciri khas dan mengedepankan kearifan lokal.

"Saya berharap jalan tol Bali - Mandara semakin lebih baik dalam setiap layanan dan pengelolaannya karena kita ingin standar jalan tol terutama dari sisi beautifikasi yang sudah melakukan penyesuaian apalagi akan mendukung kegiatan G20 pada November mendatang," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (6/11).

Baca Juga: Di Tengah Kenaikan Suku Bunga dan Tarif Tol, Begini Prospek Saham Jasa Marga (JSMR)

Di tahun 2022, jalan tol Bali - Mandara telah menerapkan hemat energi yakni sudah adanya fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan water recycling.

Fasilitas PLTS yang terpasang di Jalan Tol Bali - Mandara tersebut sebagai salah satu infrastruktur ramah lingkungan yang turut mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Tahun 2022.

PLTS tersebut berkapasitas maksimum 400 Kilowatt-peak (kWp) dipasang di enam titik, masing-masing di akses masuk dan keluar jalur motor di 3 gerbang tol Jalan Tol Bali - Mandara. Pasokan listrik yang digunakan melalui PLTS tersebut akan menjadi sumber listrik yang ramah lingkungan untuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), kantor operasional dan juga gerbang tol.

Direktur Utama PT Jasa Marga Bali Tol I, Ketut Adiputra Karang menambahkan, penataan jalan tol Bali - Mandara yang berbasis green environment dalam menyambut penyelenggaraan Presidensi G20 di Bali pada November 2022 juga selaras dengan konsep jalan tol berkelanjutan.

Baca Juga: PUPR Targetkan Konstruksi 10 Ruas Tol Rampung Akhir Tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru