Pemkot Depok konfirmasi 10 warga Depok positif Covid-19 varian Delta

Senin, 05 Juli 2021 | 07:10 WIB Sumber: Kompas.com
Pemkot Depok konfirmasi 10 warga Depok positif Covid-19 varian Delta

ILUSTRASI. Penyebaran Covid-19 terus meningkat


COVID-19 - JAKARTA. Dugaan kuat bahwa lonjakan kasus Covid-19 secara signifikan di Depok, Jawa Barat, disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 varian Delta B.1617.2, telah terkonfirmasi. 

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok mengungkapkan, dari seluruh sampel yang dikirim ke laboratorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dicurigai varian Delta, semuanya terkonfirmasi varian tersebut. 

"Dari 10 spesimen warga Depok yang dilakukan pemeriksaan, hasilnya 10 positif Covid-19 varian Delta B.1617.2," kata Wali Kota sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris, dalam pernyataan resmi, Minggu (5/7). 

"Adapun kriteria spesimen yang dikirimkan berasal dari pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan hasil CT (cycle threshold) value yang kecil, yaitu di bawah 30," jelas dia. 

Selain CT value, pengiriman spesimen warga Depok yang diduga telah terpapar Covid-19 varian Delta, dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa kriteria lain, mulai dari adanya kedatangan dari negara asing, penularan yang cepat di masyarakat, mulai terinfeksinya kelompok yang sebelumnya tidak rentan- dalam hal ini anak-anak, dan penyintas terinfeksi kembali. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 melonjak, pemerintah siapkan rumah sakit darurat hingga oksigen

Selain itu, ada pertimbangan kasus kematian pasien Covid-19 dengan komorbid penyakit menular lain seperti HIV dan tuberkulosis serta infeksi virus SARS-CoV-2 pada warga yang telah divaksinasi. 

Lonjakan kasus Covid-19 di Depok, sama seperti banyak wilayah di Jabodetabek dan Jawa-Bali secara umum, mulai terjadi pada pertengahan Juni 2021. 

Infeksi terjadi dengan masif, dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, mengakibatkan sistem kesehatan nyaris kolaps hanya dalam kurun tak sampai sebulan. 

Data terbaru hingga Minggu (4/7), Depok yang selama ini mencatat ratusan kasus baru Covid-19 per hari, telah menoreh rekor baru dengan ditemukannya 1.169 kasus baru Covid-19 dalam sehari. 

Keadaan ini membuat jumlah kasus aktif atau pasien Covid-19 yang harus ditangani meningkat tajam jadi 10.570 orang. 

Jumlah itu sudah dua kali lipat dari puncak gelombang pertama pada 30 Januari yang mencapai 5.011 kasus aktif. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terkonfirmasi, Covid-19 Varian Delta Sudah Infeksi 10 Warga Depok".

 

Selanjutnya: UPDATE Vaksinasi Covid-19, Minggu (4/7): Vaksinasi dosis kedua hampir 14 juta orang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru