Kebijakan

Pemkot Jaksel siapkan 5 GOR untuk isolasi pasien Covid-19 kategori OTG

Kamis, 10 Juni 2021 | 06:26 WIB Sumber: Kompas.com
Pemkot Jaksel siapkan 5 GOR untuk isolasi pasien Covid-19 kategori OTG

ILUSTRASI. gelanggang olahraga remaja (GOR)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Kota Jakarta Selatan menyiapkan sejumlah gelanggang olahraga remaja (GOR) untuk isolasi mandiri pasien Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG). 

Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji memastikan, sejumlah GOR telah siap untuk menampung pasien Covid-19 dengan kategori OTG. 

“GOR kami juga kami siapkan, tapi memang harapan memang kami tadi di Jaksel GOR tidak terpakai. Cukup di Graha Wisata (Ragunan) ini yang bisa kami optimalkan,” kata Isnawa saat ditemui, Rabu (9/6). 

Adapun lokasi GOR di Jakarta Selatan yang digunakan untuk isolasi mandiri pasien OTG yaitu GOR Cilandak, GOR Pancoran, GOR Mampang Prapatan, GOR Tebet, dan GOR Pasar Minggu. 

Isnawa menambahkan, satu GOR bisa menampung 50 pasien Covid-19. “50 pasien kali 5 di GOR, sudah 250 orang. Ini sebenarnya back up terhadap RS. Kami di Jaksel kan banyak RS swasta, RSUD. Prioritas pertama penanganan kan di RS,” ujar dia.

Isnawa bilang, fasilitas yang disediakan di GOR untuk pasien Covid-19 serupa dengan di Graha Wisata Ragunan. 

Baca Juga: Dana belum cair, BNPB minta Pemprov DKI tanggung biaya hotel isolasi pasien Covid-19

Pemerintah Kota Jakarta Selatan menyediakan makanan, vitamin, pelayanan kesehatan, dan kegiatan selama dirawat di GOR. 

“Kami di GOR tetap protapnya sama. Kami sudah rapat di tingkat kota, Sudinsos siap untuk back up makanan pagi, siang, malam untuk seluruh pasien Covid-19. Mereka masak. Mereka kan sudah biasa tangani kebencanaan kebakaran banjir,” kata Isnawa. 

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menambah jumlah lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19 di Ibu Kota di tengah ketidakmampuan pemerintah pusat membayar biaya hotel untuk isolasi. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 675 Tahun 2021, memutuskan untuk menambah lokasi isolasi menjadi 37 tempat dengan daya tampung hingga 9.084 orang. 

Di dalam Kepgub sebelumnya, yakni Nomor 979 Tahun 2020, Anies hanya mencantumkan tiga tempat untuk diubah menjadi lokasi isolasi terkendali. Ketiga tempat tersebut adalah Jakarta Islamic Center, Graha Wisata TMII, dan Graha Wisata Ragunan. 

Ke-37 tempat isolasi terkendali yang dimiliki oleh Pemprov DKI akan dibuka secara bertahap. (Wahyu Adityo Prodjo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Jaksel Siapkan 5 GOR untuk Isolasi Pasien Covid-19 Kategori OTG".

 

Selanjutnya: Imbas BTS Meal, 20 gerai McDonald's di Jakarta ditutup dan 12 kena sanksi tertulis

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru