Pemprov DKI akan ukur suhu tubuh masyarakat di car free day

Jumat, 06 Maret 2020 | 13:33 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI akan ukur suhu tubuh masyarakat di car free day

ILUSTRASI. Warga beraktivitas saat hari bebas kendaraan di kawasan Bunderan Hotel Indonesia Jakarta.


VIRUS CORONA - JAKARTA. Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day ( CFD) tetap digelar di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin pada Minggu (8/3). 

HBKB tetap digelar meski ada larangan yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal larangan banyak orang berkerumun demi meminimalisir penularan Covid-19. 

Meski demikian, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan menggunakan alat pengukur suhu tubuh atau thermal gun di enam titik di lokasi HBKB. 

Baca Juga: Pemprov DKI lakukan penyuluhan virus corona di 15 lokasi

"Kami sudah koordinasi dengan dinkes, di beberapa titik di bundaran air mancur (Patung Arjuna Wiwaha), Sarinah, Bundaran HI, Dukuh Atas, Taman Budaya, Ratu Plaza," ucap Syafrin di Balairung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020). 

Nantinya, ada petugas dari Dinas Kesehatan yang mengukur suhu tubuh masyarakat yang berada di HBKB. 
"Ini ditempatkan petugas dinkes untuk melakukan sosialisasi dan pengukuran suhu untuk masyarakat dengan thermal gun tadi. Jadi kita sudah koordinasi," jelasnya. 

Meski demikian, Dishub tetap melarang adanya panggung untuk acara musik maupun seni dan budaya di HBKB. 

"Begitu ada kegiatan pengumpulan massa, kita akan tertibkan. Karena saat ini untuk kegiatan olahraga, sepeda, jalan kaki, atau lari," tutur Syafrin. 

Adapun hingga saat ini, total orang yang dipantau oleh Pemprov DKI adalah 267. Rinciannya 127 masih dalam pemantauan dan 140 lainnya sudah selesai melalui masa pemantauan. 

"Kemudian kategori pasien dalam pengawasan sampai saat ini ada 84 orang, 49 masih dirawat, sementara 34 lainnya sudah dirawat," jelas Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Atika Nur Rahmania. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan kasus pertama virus corona yang terjadi di Indonesia, Senin. 

Baca Juga: Pemprov DKI luncurkan situs berisi segala informasi seputar virus corona

Jokowi menyatakan, ada dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang positif terinfeksi. Mereka adalah pasangan ibu dan anak. 

Dua orang yang positif terinfeksi virus corona itu kini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Pemprov DKI Bakal Ukur Suhu Tubuh Masyarakat di CFD"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru