Pemprov DKI Jakarta Siap Belanjakan Rp 5,18 Triliun APBD pada Produk Dalam Negeri

Sabtu, 02 April 2022 | 15:05 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Pemprov DKI Jakarta Siap Belanjakan Rp 5,18 Triliun APBD pada Produk Dalam Negeri

ILUSTRASI. Warga berfoto saat berkunjung ke Pasar Jakpreneur di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (28/11/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.


DKI JAKARTA - JAKARTA.  Sesuai arahan Pemerintah Pusat melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen membelanjakan produk dalam negeri sebesar Rp 5,18 triliun pada APBD Tahun Anggaran 2022. Angka ini komitmen tertinggi untuk kategori pemerintah provinsi di seluruh Indonesia. 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Elisabeth Ratu Rante Allo mengungkapkan, komitmen ini disampaikan dalam pelaksanaan business matching Pengadaan Produk dalam Negeri dan UMKM di Nusa Dua, Bali, belum lama ini. 

“Realisasi belanja produk dalam negeri dan UMKM pada tahun 2022 akan terus digencarkan hingga mencapai Rp 11,3 triliun. Nilai ini melebihi target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 10,1 triliun.” terang Ratu, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, pekan ini. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2020 sudah mewajibkan belanja makan minum rapat seluruh perangkat daerah dan BUMD melalui UMKM Jakpreneur yang terdaftar di platform e-Order.

"Kewajiban ini diikat dalam bentuk perjanjian kinerja para Kepala Perangkat Daerah dan KPI Dirut BUMD. Saat ini sudah terdaftar 2.105 UMKM di e-Order dan 7.102 produk,” ujar Ratu. 

Upaya peningkatan produk dalam negeri tidak hanya berfokus pada belanja pemerintah, melainkan juga melalui pemberdayaan pelaku usaha dan pemasaran produk dalam negeri. Harapannya, budaya penggunaan produk dalam negeri khususnya produk UMKM dapat diterapkan oleh seluruh warga Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru