HOME

Pemprov DKI siapkan 7.936 tempat tidur isolasi terkendali di Rusun Pasar Rumput

Jumat, 25 Juni 2021 | 17:01 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI siapkan 7.936 tempat tidur isolasi terkendali di Rusun Pasar Rumput

ILUSTRASI. Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput yang disiapkan sebagai alternatif tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 7.936 tempat tidur isolasi terkendali untuk pasien Covid-19 di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, ribuan tempat tidur itu mencakup tiga tower rumah susun, yaitu di tower 1, 2 dan 3. 

"Kapasitas di sini jumlah kamar dari tower 1,2 dan 3 itu totalnya ada 1.984 kamar, direncanakan diisi dengan paket empat tempat tidur, itu totalnya berarti kurang lebih 7.936 tempat tidur yang akan dipersiapkan," kata Riza dalam rekaman suara, Jumat (25/6). 

Menurut Riza, pembukaan tempat isolasi terkendali pasien Covid-19 di Rusun Pasar Rumput itu dilakukan karena tempat isolasi lainnya mulai penuh. 

"Kami tahu bahwa Wisma Atlet sudah hampir penuh, beberapa waktu kami sudah siapkan Rusun Nagrak ya, di Cilincing, dan sekarang kami siapkan di sini di Pasar Rumput dan tempat-tempat lain di wilayah Jakarta," jelas dia. 

Baca Juga: Tambah kapasitas RS akibat lonjakan Covid, pemerintah gunakan asrama haji hingga RSJ

Riza menambahkan, persiapan tempat isolasi terkendali itu akan dibantu oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR. Pemerintah pusat akan membantu menambah sarana seperti pemberian matras tempat tidur dan pemasangan kipas angin dan AC. 

Pengelolaan tempat isolasi akan dipegang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan satgas Covid-19 pemerintah pusat. "Nanti dari BNPB akan mengatur sistem dan manajemennya, pengelolaannya," ungkap dia. 

Riza mengatakan, tempat isolasi terkendali di Rusun Pasar Rumput diperkirakan sudah bisa ditempati dalam seminggu ke depan. 

Asal tahu saja, Pemprov DKI baru membuka Rusun Nagrak, Cilincing Jakarta Utara sebagai tempat isolasi terkendali pasien Covid-19 pada Rabu lalu. Tempat isolasi di Nagrak berkapasitas 2.500 kamar. 

Pengelolaan juga dibebankan kepada pemerintah pusat di bawah komando Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jakarta Siapkan 7.936 Tempat Tidur Isolasi Terkendali Pasien Covid-19 di Rusun Pasar Rumput".

 

Selanjutnya: Pemerintah diminta rilis protokol isolasi mandiri dan bagikan alat bantu

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru