Pemprov Sulsel siapkan ruang isolasi bintang lima untuk pasien terinfeksi corona

Jumat, 27 Maret 2020 | 21:00 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov Sulsel siapkan ruang isolasi bintang lima untuk pasien terinfeksi corona

ILUSTRASI. Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.


VIRUS CORONA - MAKASSAR. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan ruang isolasi berbintang lima untuk pasien virus corona (Covid-19). Ruang berbintang lima ini dipersiapkan tempat tidur kamar mandi, TV, AC, WiFi, alat pembunuh kuman dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya. 

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan hal itu di sela-sela meninjau ruang isolasi di RSUD Sayang Rakyat, Kota Makassar, Jumat (27/3). 

Baca Juga: Persib Bandung umumkan salah satu pemainnya positif corona

RSUD Sayang Rakyat akan segera disiapkan 118 tempat tidur khusus untuk pasien isolasi. Ruangan ini, kata dia, sebelumnya merupakan ruangan perawatan anak. "Total keseluruhan untuk ruang isolasi berbintang lima dan alat kesehatan sebesar Rp 25 miliar," kata Nurdin. 

Diketahui, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari mengatakan, sebanyak 27 pasien positif corona tersebar di tujuh kabupaten dan kota. Kota Makassar, lanjutnya, menjadi daerah dengan pasien positif corona terbanyak, yakni 19 orang. 

Jumlah tersebut tersebar di Kabupaten Maros seorang, Kabupaten Pinrang dan Sidrap masing-masing seorang, Kabupaten Gowa tiga orang, Kabupaten Sinjai seorang serta Kabupaten Bulukumba seorang. Dua dari 14 orang tambahan pasien positif corona hari ini telah meninggal dunia. 

Baca Juga: Pemudik yang pulang kampung ke Purbalingga wajib pakai gelang identitas

"Dua pasien poaitif yang meninggal dulunya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Tajuddin Chalid dan Rumah Sakit Grestelina Makassar," katanya melalui video konferensi, Kamis kemarin. 

14 pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Tajuddin Chalid, Rumah Sakit Grestelina, Rumah Sakit Stella Maris, Rumah Sakit Labuang Baji Makassar serta Rumah Sakit Andi Makkasau Parepare. "Mereka dinyatakan positif dari hasil dari uji Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kementerian Kesehatan yang ada di Kota Makassar yang totalnya 66 spesimen," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov Sulsel Siapkan Ruang Isolasi Bintang Lima untuk Tangani Pasien Corona"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru