Pemprov Sulut Dorong Pengembangan Pelabuhan Bitung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:08 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Pemprov Sulut Dorong Pengembangan Pelabuhan Bitung

ILUSTRASI. Suasana bongkar muat di Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (6/7/2012). (TRIBUN MANADO/RIZKY ADRIANSYAH)


PELABUHAN - JAKARTA. Pemerintah Provinsi Sulawei Utara terus melobi investor mengembangkan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Khususnya Pelabuhan Bitung yang sudah diproyeksi menjadi hub port internasional.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menerima kedatangan CEO PT Inerco Global Int’l Hendrik Kawilarang Luntungan dan perwakilan Port of Rotterdam pada Jumat (20/5). Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat gubernur ini membicarakan mengenai investasi membangun ‘Integrated Bitung International Hub Port and Industrial Zone’.

“PT Inerco Global International dan Rotterdam Port berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Sulut untuk melakukan penjajakan,” kata CEO PT Inerco Global Int’l Hendrik Kawilarang Luntungan dalam keterangannya, Sabtu (21/5).

Baca Juga: Pembangunan Stasiun Manggarai Dilanjutkan, Rute KRL Jabodetabek Bakal Berubah

Lanjutnya, studi kelayakan dalam tahap finalisasi, sehingga Direktur Port of Rotterdam Rene Van Der Plas datang langsung melihat lokasi di Bitung. “Kerjasama ini dilakukan atas inisiatif dan peran Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang aktif mempromosikan Sulawesi Utara di pentas dunia,” tukasnya.

Diketahui Rotterdam adalah salah satu pelabuhan terbesar dan pintu masuk ekspor-impor untuk negara-negara di Eropa.

Sementara, PT Inerco Global International dan Port of Rotterdam sudah bekerja sama selama 2 tahun dalam rangka melakukan studi kelayakan pembangunan International Hub Port Bitung yang melibatkan Konsultan terbesar dunia Pricewaterhouse Coopers. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru