Peristiwa

Pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Polri siapkan 50 penyelam

Minggu, 10 Januari 2021 | 07:48 WIB Sumber: Kompas.com
Pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Polri siapkan 50 penyelam

ILUSTRASI. Pesawat Sriwijaya Air hilang kontak di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1/2021).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, Polri menerjunkan anggota kepolisian yang memiliki kemampuan pencarian dan pertolongan untuk bergabung dalam misi SAR pesawat Sriwijaya Air SJ 182. 

Unsur kepolisian diterjunkan dari Brimob Polri. 

“Kami ada BKO dari Korbrimob Polri yang punya kemampuan SAR Laut nanti bersama Kapal Polair Mabes Polri,” kata Fadil kepada wartawan di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Sabtu (9/1) malam. 

Komandan Pasukan Pelopor Korbrimob Polri Brigjen Imam Widodo mengatakan, ada 50 penyelam dari Korps Brimob yang telah disiagakan di posko darurat di Dermaga JICT II bersama dengan para penyelam dari TNI, Basarnas dan instansi lainnya. 

Korbrimob Polri juga menyiapkan beberapa alat selam seperti tabung oksigen, baju selam, Bcd, Fins untuk bermanuver di dalam air serta regulator dan beberapa alat pendukung lainnya telah disiapkan oleh Tim SAR Brimob untuk melakukan pencarian korban. 

Baca Juga: Puing-puing kabel diduga bagian Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan

"Kita briefing dulu, kemudian koordinasi dengan Basarnas untuk pengarahan briefing keselamatan internal, asas-asas penyelamatan bawah air," ujar Imam. 

Imam mengatakan, tim penyelam dari Korps Brimob Polri telah siap digerakkan dan telah mendapat arahan terkait pelaksanaan tugas di lapangan untuk tetap mengingat Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam evakuasi korban dalam air. 

Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang pada Sabtu sekitar pukul 14.40 WIB atau 4 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Pesawat mengangkut 62 orang yang terdiri dari 12 kru, 40 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dan tiga bayi. 

Pesawat Sriwijaya Air sempat keluar jalur yakni menuju arah barat laut pada pukul 14.40. Pihak Air Traffic Controller (ATC) kemudian menanyakan pilot mengenai arah terbang pesawat. 
Namun, dalam hitungan detik, pesawat dilaporkan hilang kontak. 

Basarnas pun kini telah mengerahkan kapal dan sea-rider menuju lokasi jatuhnya pesawat. 

TNI AL juga telah mengirimkan kapal ke lokasi tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Pencarian Sriwijaya Air SJ 182, Polri Siapkan 50 Tim Penyelam"

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Irfan Maullana

Selanjutnya: Pencarian pesawat Sriwijaya SJ 182, Basarnas kerahkan KRI Rigel dan helikopter

 

Editor: Herlina Kartika Dewi


Terbaru