Pendaki Gunung Slamet dari luar Jateng wajib rapid test antigen

Kamis, 24 Desember 2020 | 15:58 WIB Sumber: Kompas.com
Pendaki Gunung Slamet dari luar Jateng wajib rapid test antigen


LIBUR NASIONAL - PURBALINGGA. Selama musim libur Natal dan Tahun Baru, seluruh pendaki Gunung Slamet yang berasal dari luar Jawa Tengah wajib membawa hasil rapid test antigen. Sementara, para pendaki yang berdomisili di Jawa Tengah diwajibkan membawa surat keterangan rapid test antibodi atau surat keterangan dokter. 

Kepala Pos Pendakian Gunung Slamet via Bambangan, Saiful Amri mengatakan, peraturan tersebut berdasarkan surat edaran dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. “Sesuai surat edaran, peraturan ini bersifat wajib, kalau tidak bawa ya tidak kami izinkan untuk mendaki,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (24/12/2020). 

Saiful mengungkapkan, sampai saat ini masih ada pendaki yang belum mengetahui peraturan baru tersebut. Pihaknya terus berkordinasi dengan fasilitas kesehatan terdekat, seperti Puskesmas Karangreja, untuk memfasilitasi pendaki yang belum membawa syarat hasil rapid test. 

Baca Juga: Ini jadwal operasi Taman Impian Jaya Ancol selama libur Nataru 2020

“Perlu diingat, kuota alat rapid di Puskesmas jelas terbatas. Jadi untuk antisipasi lebih baik bawa (rapid) dari rumah, dari pada sudah jauh-jauh tapi sampai di sini malah suruh pulang,” tegasnya. 
Seperti diketahui, Pendakian Gunung Slamet sempat ditutup karena cuaca buruk. Wisata pendakian baru dibuka kembali sejak 18 Desember. "Biasanya di momen tahun baru pendaki membeludak, bisa sampai ribuan," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selama Libur Nataru, Pendaki Gunung Slamet dari Luar Jateng Wajib Rapid Test Antigen"

Selanjutnya: Tradisi perayaan Hari Natal yang unik di berbagai negara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru