Penertiban Pasar Ikan ditarget rampung hari ini

Senin, 11 April 2016 | 12:52 WIB Sumber: TribunNews.com
Penertiban Pasar Ikan ditarget rampung hari ini


JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan penertiban pemukiman kumuh di kawasan Pasar Ikan, Jakarta Utara akan selesai pada Senin (11/4). Camat Penjaringan, Abdul Khalit, mengatakan petugas telah menertibkan pemukiman warga di zona pertama (RT 11) dan zona ketiga (RT 2 dan sebagian RT 1).

Setelah merampungkan zona pertama dan zona ketiga, petugas akan segera menertibkan zona kedua (RT 1 dan RT 12). "Ditargetkan hari ini selesai. Zona 1 dan 3 selesai, ini masuk zona 2. Hari ini selesai," tutur Abdul Khalit kepada wartawan ditemui di lokasi, Senin (11/4).

Dia menjelaskan, proses penertiban diawali dengan apel bersama antara TNI, Polri, Satpol PP, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Sebanyak 4.726 personil dikerahkan ke lokasi.

Para warga sudah mulai meninggalkan lokasi penertiban. Sebanyak 352 kepala keluarga (KK) dari total 396 KK sudah memilih pindah ke rumah susun (Rusun) Rawa Bebek dan Marunda.

Meski demikian, hingga Senin siang, masih ada sejumlah warga yang bertahan di kawasan Pasar Ikan. Mereka belum mau meninggalkan lokasi penertiban. Untuk mencegah terjadi aksi perlawanan, petugas keamanan mengimbau kepada warga supaya segera meninggalkan lokasi. Upaya persuasif terus dilakukan.

Kapolsek Penjaringan AKBP Ruddi Setiawan berkeliling lokasi penertiban. Ia membawa microphone meminta warga meninggalkan lokasi dan mengimbau warga jangan terprovokasi.

Pemprov DKI Jakarta melakukan penggusuran Pasar Ikan sejak Senin (11/4 pagi. (Glery Lazuardi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru